Home     Profile     Peta Lokasi     Kontak     English Version  
Izin Akan Kadaluarsa
Peta Pemanfaatan Tenaga Nuklir
INFO BAPETEN
List Berita
RAPAT KOORDINASI PENEGAKAN HUKUM PEMANFAATAN TENAGA NUKLIR
Tayang Internet: 22-10-2010 16:16
(Balikpapan, BAPETEN) Kepala BAPETEN As Natio Lasman, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Pemanfaatan Tenaga Nuklir yang diselenggarakan di Balikpapan, Selasa (19/10/10). Rapat koordinasi yang turut dihadiri oleh Deputi Perizinan dan Inspeksi Martua Sinaga, Direktur Pengaturan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Novijanti Noor, mengundang sejumlah instansi terkait seperti pihak kepolisian dan kejaksaan.
Dalam kesempatan ini, Kepala BAPETEN menekankan bahwa isu nuklir merupakan isu besar yang telah bergulir di dunia internasional, terutama terkait dengan bidang keamanan nuklir. Mengingat pemanfaatan tenaga nuklir, khususnya bidang kesehatan dan industri yang telah banyak diaplikasikan di Propinsi Kalimantan Timur, maka Kepala BAPETEN mengharapkan agar pemanfaatan tenaga nuklir mesti dilaksanakan secara selamat dan aman.
RAPAT KOORDINASI PENEGAKAN HUKUM PEMANFAATAN TENAGA NUKLIR (1)RAPAT KOORDINASI PENEGAKAN HUKUM PEMANFAATAN TENAGA NUKLIR (2)
"Penegakan hukum dalam pemanfaatan tenaga nuklir, sangat memerlukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Dengan adanya penegakan hukum, diharapkan dapat mendorong terwujudnya budaya keselamatan dan keamanan pemanfaatan tenaga nuklir,” ujar Kepala BAPETEN.

Saat menyampaikan presentasinya, Deputi Perizinan dan Inspeksi menegaskan, BAPETEN memiliki sasaran strategis meliputi tersedianya rumusan kebijakan pengawasan dalam bentuk hasil kajian yang handal dan peraturan yang harmonis, meningkatnya sistem perizinan dan sistem inspeksi, serta pelaksanaan kepemerintahan yang baik (Good Governance).

Kegiatan BAPETEN, tambah Deputi PI, meliputi pengawasan pengguna, pembinaan pengguna, pelayanan masyarakat, pengembangan kapasitas lembaga, pengembangan kerjasama dalam dan luar negeri.

Setelah itu, Direktur Pengaturan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, menyampaikan presentasinya tentang Inspeksi Keselamatan Radiasi dan Penegakan Hukum, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.
Sumber : Humas
BAPETEN, Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta 10120, INDONESIA Telp:+62-21-63858269/70, Fax:+62-21-638 58275,
PO.Box. 4005 JKT 10040, e-mail: info[at]bapeten[dot]go[dot]id