Info BAPETEN


Berita BAPETEN

Raker Kemenristekdikti dan LPNK dengan Komisi VII DPR

IMG_7604

Inovasi dan riset yang dihasilkan hendaknya dapat meningkatkan daya saing bangsa agar tidak tertinggal dengan negara lain. Selain itu teknologi yang dihasilkan harus dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Workshop Pembinaan Tenaga Ahli Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X

ok1

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN menggelar Workshop Pembinaan Tenaga Ahli, Senin (11/04/16). Workshop selama dua hari ini merupakan rangkaian dari program sertifikasi Tenaga Ahli yang mulai dirintis pada tahun ini. Workshop ini juga untuk mempersiapkan sumber daya manusia guna menindaklanjuti revisi Perka BAPETEN Nomor 9 Tahun 2011, tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional yang salah satu pokok perubahannya adalah setiap Lembaga Uji Kesesuaian (LUK) harus memiliki personil Tenaga Ahli.

Konsultasi Publik dalam Rangka Amandemen PP No. 29 TAHUN 2008

KP Semarang 1

Provinsi Jawa Tengah mempunyai 276 rumah sakit dan 875 puskesmas untuk melayani 33.774.141 penduduk. Sebagian dari fasilitas tersebut tentu saja menggunakan pesawat sinar-X radiologi diagnostik dan intervensional yang dilayani oleh 851 radiografer. Jumlah pesawat sinar-X yang ada mencapai 821 yang dioperasikan oleh 306 instansi pemerintah maupun swasta.

Bimbingan Teknis Sertifikasi dan Validasi Bungkusan Zat Radioaktif

IMG_5681

(Balikpapan-BAPETEN) Pemanfaatan tenaga nuklir telah merambah berbagai bidang kegiatan, diantaranya penelitian dan pengembangan, pendidikan, industri, kesehatan, pertanian, dan energi. Hingga akhir Februari 2016, data perizinan di Indonesia untuk penggunaan zat radioaktif di bidang kesehatan/medis telah mencapai 5.979 izin, industri sebanyak 5.890 izin, dan penelitian 49 ijin. Penerapan penggunaan zat radioaktif dengan sekian ribu izin tersebut menyebar hampir merata di seluruh provinsi di Indonesia, dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dari segi kuantitas maupun kualitasnya di masa depan.

Copyright BAPETEN | 2015