Home     Profile     Peta Lokasi     Kontak     English Version  
Izin Akan Kadaluarsa
Peta Pemanfaatan Tenaga Nuklir
INFO BAPETEN
List Berita
SEMINAR MEMPERKUAT KETAHANAN KELUARGA DARI BAHAYA NARKOBA
Tayang Internet: 14-06-2011 12:53
(Jakarta, BAPETEN) Narkoba merupakan masalah pelik yang perlu diurai baik dari tingkat terkecil-individu sampai tingkat negara. Bagi individu pencegahan dilakukan melalui sikap mental menghadapi godaan narkoba dari pergaulan dan gaya hidup. Bagi keluarga adalah bagaimana membentengi diri dari narkoba melalui komunikasi keluarga dan sebagainya. Bagi masyarakat dengan mengkontrol secara sosial peredaran narkoba di lingkungan dan bagi negara adalah bagaimana menciptakan sistem untuk dapat memutus sistem lingkaran peredaran narkoba. Sistem termudah dalam mengurai masalah tersebut terlrtak pada peran ibu dalam keluarga. Karena peran ibu tersebut memiliki posisi strategis dan sebagai agen kontrol yang paling efektif maka perlu pembekalan ilmu bagi para ibu sehingga Dharma Wanita Persatuan (DWP) BAPETEN menyelenggarakan seminar dengan tema “Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba”.
Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba
Seminar yang diselenggarakan pada Selasa (14/6) di Auditorium Gedung B BAPETEN ini merupakan rangkaian kegiatan Seminar Ketahanan Keluarga yang diselenggarakan di Kementrian Riset dan Teknologi dan merupakan forum silaturahmi antara DWP LPNK di lingkungan Ristek. Kegiatan ini juga menjadi wahana bagi anggota DWP Ristek untuk senantiasa bekerjasama dan tukar menukar informasi tentang kedharmawanitaan sehingga Dharma Wanita Persatuan dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat. Seminar diikuti oleh delapan wakil dari DWP LPNK di Lingkungan Ristek yaitu DWP Ristek, BAPETEN, LAN, LIPI, BATAN, Bakorsurtanal, BSN, dan BPPT. Ketua Pelaksana, Ibu Khoirul Huda menyampaikan laporan bahwa Penasehat DWP Ristek, Ibu Ellydiah Widyawati Suharna hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara seminar secara resmi. Sedangkan nara sumber yang dihadirkan adalah Eva Fitri Yuanita dari Direktorat Diseminasi Informasi, Deputi Bidang Pencegahan, Badan Narkotika Nasional (BNN).
Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba
Ketua Dharma Wanita Persatuan BAPETEN, Ibu As Natio Lasman yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Deputi PKN BAPETEN, Khoirul Huda mewakili Kepala BAPETEN dan Kepala Biro Umum, Wisnu Hadi, kemudian memberikan sambutan terkait dengan mengapa Seminar tersebut penting untuk diselenggarakan. Salah satu alasannya adalah untuk menterjemahkan program Dharma Wanita yaitu Ketahanan Keluarga; karena keluarga sebagai pilar Bangsa merasa perlu mencegah dan menjaga keutuhannya dari bahaya laten narkoba. Narkoba atau Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya dirancang sistematis untuk dapat menjadi candu yang merusak. Terlebih lagi Indonesia dinilai sebagai pasar empuk peredaran narkoba sehingga pengetahuan tentang narkoba perlu dipahami.
Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba
Saat memberikan sambutan Kepala BAPETEN, Deputi PKN membuka kesempatan tersebut dengan menjelaskan bahwa tekanan kehidupan modern dan suasana sosial masyarakat saat ini cenderung memberikan perubahan bagi cara berpikir instan. “Bagaimana seseorang terutama sebagian besar remaja kita ingin mendapatkan sesuatu secara cepat tanpa mempedulikan resiko di depannya. Keinginan untuk hidup mewah tanpa harus bekerja keras. Dan menyelesaikan masalah dengan uang dan fasilitas. Hal ini menyebabkan banyak remaja yang kurang memiliki ketahanan mental dengan lari dari kenyataan dan hidup tidak terkontrol dengan merokok, miras dan narkoba. Sehingga bagaimana mengarahkan keluarga menjadi benar menjadi relevan dalam seminar ini”, demikian Beliau menjelaskan. Sedangkan Kepala BAPETEN mengharap dukungan istri-istri pegawai negeri terhadap aktifitas para suami dalam memikul tanggung jawab pekerjaan.
Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba (1)Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba (2)
Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba (1)Seminar Memperkuat Ketahanan Keluarga dari Bahaya Narkoba (2)
Sumber : DWP BAPETEN
BAPETEN, Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta 10120, INDONESIA Telp:+62-21-63858269/70, Fax:+62-21-638 58275,
PO.Box. 4005 JKT 10040, e-mail: info[at]bapeten[dot]go[dot]id