BAPETEN Raih Penghargaan LAKIP

IMG_3214

BAPETEN merupakan salah satu instansi pemerintah yang meraih penghargaan atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2015, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/12/15) siang, dengan menyandang predikat nilai B (Baik). Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan diterima oleh Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono.

Berdasarkan hasil evaluasi, nilai rata-rata untuk kementerian/lembaga meningkat, dari 64,70 pada tahun 2014 menjadi 65,82 pada tahun 2015. Sedangkan nilai rata-rata untuk pemerintah provinsi meningkat dari 59.21 pada tahun 2014 menjadi 60.47 pada tahun 2015. Nilai tersebut menunjukkan tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government).

IMG_3214

Wapres berpesan agar setiap instansi pemerintah harus melakukan tujuh langkah pengembangan manajemen kinerja, yaitu fokus pada target-target yang telah ditetapkan di RPJMN 2015 – 2019, pemilihan strategi yang tepat, penguraian target-target nasional menjadi target-target yang lebih operasional namun harus tetap selaras dengan target nasional, target-target operasional harus terukur agar dapat dipantau hasil pencapaiannya, penentuan kegiatan-kegiatan yang tepat untuk mewujudkan target-target tersebut, pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi secara berkala.

Ketujuh hal tersebut menjadi kunci bagi instansi pemerintah untuk membangun etos kerja pemerintahan Kabinet Kerja yang berorientasi pada hasil. Jika ketujuh pesan ini dipahami oleh pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi, dan digaungkan sampai ke pegawai pada tingkat operasional di masing-masing instansi, diyakini pemerintahan Indonesia akan mencapai kemajuan yang luar biasa.[BHO/PD]

Print Friendly
FacebookTwitterLinkedIn
Copyright BAPETEN | 2015