Peningkatan Kemampuan Pengenalan Radiasi Personel Brimob Polda Banten

Foto bersama

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) untuk kesekian kalinya mengadakan Pelatihan Pengenalan Radiasi dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi untuk meningkatkan kemampuan First Responder (FR) Gegana Brimob Polda Banten pada 29 – 30 November 2017 di Mako Brimob Polda Banten. Pelatihan ini merupakan pelatihan serupa yang ke-10 diadakan, seperti di Polda Kepulauan Riau, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Timur, Polda Kalimantan Timur, Polda Sumatera Barat, Brimob Mabes POLRI dan Polda Sumatera Selatan. Peningkatan kemampuan SDM instansi yang terlibat dalam penanganan dan pengawasan kesiapsiagaan nuklir dan/atau keamanan nuklir ini merupakan salah satu pilar utama dari I-CoNSEP (Indonesia Center of Excellence on Nuclear Security and Emergency Preparedness).

sambutan komandan   Sambutan Komandan & Dedik

Pelatihan diikuti 27 orang dan dibuka oleh Wadansat Brimob Polda Banten AKBP Susnadi, SIK dan didampingi oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir. Dalam arahannya, Susnadi menyatakan bahwa pelatihan FR ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan respons personel Brimob Polda Banten dalam menghadapi ancaman yang melibatkan zat radioaktif.

Dedik Presentasi   TAhril Presentasi

Dewi Pres

Pelatihan dilaksanakan melalui penyampaian materi dari tim pengajar BAPETEN yang meliputi dasar-dasar pengawasan tenaga nuklir, pemanfaatan tenaga nuklir, pengenalan radiasi, efek biologis radiasi, dasar proteksi radiasi, pengenalan alat ukur radiasi dan alat pelindung diri, serta dasar penanggulangan kedaruratan radiologi.

Faisal   Dewi

Ucok   Toto

Di samping pemaparan materi, peserta juga melakukan praktek terkait penggunaan alat ukur radiasi, penggunaan peralatan pelindung diri, penerapan prinsip proteksi radiasi, penanganan bom kotor, dan pencarian sumber radioaktif. Di dalam praktek ini peserta sangat antusias didalam melaksanakannya.

Toto di lapangan   Peragaan berdua

peragaan nunduk   Peragaan berempat

Pelatihan pengenalan radiasi dan penangulangan kedaruratan nuklir ditutup oleh AKBP Rezza Herasbudi, S.I.K., M.M selaku Komandan Detasemen Brimob Polda Banten, di dalam sambutannya mengharapkan agar pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh selama pelatihan ini dapat bermanfaat bagi personel Gegana pada khususnya dan Brimob Polda Banten pada umumnya dalam melaksanakan tugas kedinasan. [dkkn/fai/bho/bsb]

Dedik bawah   foto bersama Faisal

Print Friendly
FacebookTwitterLinkedIn
Copyright BAPETEN | 2015