Diseminasi IPTEK Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Palembang

WhatsApp Image 2018-09-14 at 12.22.52

BAPETEN kembali menggelar diseminasi IPTEK pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Universitas Baturaja, Palembang, Kamis (13/9/2018) pagi. Diseminasi kali ini mengusung tema Pembinaan Teknis tentang Tenorm. Acara ini turut dihadiri oleh anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar, Rektor Universitas Baturaja Bambang Sulistyo, serta Direktur Perizinan Instalansi dan Bahan Nuklir Budi Rohman.

Sambutan diawali oleh Bambang Sulistyo. Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran BAPETEN untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait manfaat dan pentingnya nuklir di Indonesia. Sementara itu, Budi dalam sambutannya mengatakan bahwa BAPETEN terdiri dari 3 pilar yaitu safety, security, dan safeguard. BAPETEN sendiri sebagai badan pengawas, melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan tenaga nuklir, diantaranya di bidang kesehatan, industri, bahkan pertanian.

WhatsApp Image 2018-09-14 at 12.22.53             WhatsApp Image 2018-09-14 at 12.22.54

Hal senada juga diungkapkan oleh Yulian Gunhar. Ia mengungkapkan bahwa nuklir merupakan teknologi yang menggunakan radiasi. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait pengenalan BAPETEN oleh Kusbandono selaku Kepala Subdirektorat Inspeksi Safeguard. Dalam paparannya, ia menjelaskan mengenai tugas dan fungsi BAPETEN sebagai badan pengawas, manfaat tenaga nuklir serta contoh-contoh pemanfaatannya di Indonesia.

Acara dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Baturaja dan masyarakat sekitar kampus. Antusiasme peserta diseminasi cukup besar. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta kepada BAPETEN.(bho/ip)

Print Friendly
FacebookTwitterLinkedIn
Copyright BAPETEN | 2015