Pentingnya Aspek Keselamatan Bagi Pekerja Radiasi

1

Guna meningkatkan pengawasan dalam pemanfaatan tenaga nuklir, BAPETEN bekerja sama dengan RS. Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, menggelar In House Training Keselamatan Radiasi Bidang Radiologi Intervensional, Senin (10/7/2017). Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh sejumlah dokter spesialis cardiologi.

Pelatihan dibuka resmi oleh Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono. Lewat sambutannya Hendriyanto mengatakan, BAPETEN mengapresiasi kesadaran RS. Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita akan pentingnya keselamatan radiasi terhadap para pekerja yang menggunakan peralatan radiologi intervensional.

2               3

Hal ini erat kaitannya dengan tugas BAPETEN dalam melakukan pengawasan sesuai amanat UU No. 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, yaitu menjamin keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan.

In House Training ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan pemanfaatan radiasi terhadap pekerja dari dampak radiasi jika tidak dikendalikan dalam pemanfaatannya.

Sementara itu Direktur Penunjang Medis RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dr. Lia Gardenia Partakusuma, mengharapkan BAPETEN dapat memberikan pelatihan serupa dengan ruang lingkup lebih luas lagi yang melibatkan rumah sakit lainnya secara bersamaan. Selain itu dirinya juga berharap agar Pelatihan Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X dapat dilaksanakan di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.(bdl/spn)

Print Friendly
FacebookTwitterLinkedIn
Copyright BAPETEN | 2015