BAPETEN Info


BAPETEN News

Diseminasi Iptek Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Timika

WhatsApp Image 2018-09-22 at 07.59.0111

Diseminasi Iptek Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Timika

Program strategis BAPETEN antara lain adalah sosialisasi kelembagaan dan pengawasan tenaga nuklir. Tujuan sosialisasi menyampaikan informasi tentang kelembagaan BAPETEN agar terjadi hubungan yang akomodatif serta pentingnya keberadaan lembaga pengawas tenaga nuklir demi keamanan masyarakat.
Dengan demikian akan terbentuk kesadaran, serta persepsi masyarakat tentang energi nuklir secara tepat dan benar. Kegiatan sosialisasi ini telah dan akan dilaksanakan di provinsi seluruh Indonesia dengan mempertimbangkan pemilihan berdasarkan kriteria wilayah dan kendala yang dihadapi.
Untuk itu, Sosialisasi dengan tema ”Diseminasi Iptek Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Indonesia” ini terlaksana atas koordinasi dan kerja sama yang baik antara BAPETEN dengan DPR-RI. Kegiatan sosialisasi memperoleh respon positif dari masyarakat. Acara dihadiri 120 orang peserta yang merupakan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hermon, Timika Papua.

Acara diawali oleh sambutan Yulian Salosa Rektor STKIP Hermon menyampaikan bahwa “ada rasa bangga untuk ada bantuan pengetahuan untuk anak bangsa, khususnya anak Timika di STKIP Hermon. Tim telah datang, di sini dekat dengan Tembagapura. Kami juga berharap dapat diperhatikan lebih. Karena dosen di sini saat ini belum ada yang PNS.

Acara dibuka oleh Tony Wardoyo Anggota DPR-RI Komisi VII yang menyampaikan “kami membantu melaksanakan pengenalan ilmu-ilmu yang masih banyak kurang diketahui misal tentang peran BAPETEN. Meskipun saat ini kami baru dapat menghadirkan lembaga ini, dan Timika adalah skala prioritas yang pertama. Ini harus disambut baik, walaupun tidak langsung berhubungan dengan mata kuliah, tetapi pengetahuan dapat dimanfaatkan ke depan. Ini semua berkat dukungan semua elemen masyarakat.

Semoga ke depan STKIP Hemon dapat lebih maju dan mendapat perhatian pemerintah pusat. Dan peserta yang hadir akan kami ajukan untuk Bea Siswa Bidik Misi.

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Taruniyati Handayani yang menyampaikan tentang Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir oleh BAPETEN dalam melaksanakan tugasnya. Antara lain tentang tugas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, melalui Peraturan, Perizinan, dan Inspeksi. Pelaksanaan pengawasan melalui peraturan telah dilakukan dengan membuat sejumlah peraturan.
Pada kesempatan itu juga disampaikan, analogi sepeti teknologi misalnya seperti api saat kecil bisa jadi teman tetapi ketika besar bisa menjadi musuh. begitu juga radiasi nuklir saat besar seperti bom atom ini bahaya, tapi ketika skala kecil saat sangat bermanfaat seperti rongent. dicontohkan juga cara menditeksi sumber radiasi menggunakan alat deteksi, semua ini untuk menuju budaya keselamatan radiasi.”

Acara diselenggarakan pada 20 September 2018, Timika, Papua. Acara diakhiri dengan Diskusi dan tanya jawab serta ramah tamah guna mempererat kerja sama di bidang pengetahuan ketenaganukliran.[BHO/SP/AA].

Bapeten Ikut Serta Dalam Palembang Expo 2018

dlm1

Dalam rangka memeriahkan  Asian Games ke 18 Tahun 2018,  Provinsi Sumatera Selatan menggelar Palembang Expo 2018, yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin  di Dekranasda Jakabaring Palembang, Kamis (16/8) sore.

BAPETEN Menerima Kunjungan Direktur NEPIK – IAEA

judul

Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono didampingi Kepala Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Syahrir dan beberapa Pejabat Eselon 3 terkait, menerima kunjungan direktur NEPIK IAEA digedung BAPETEN, Jakarta, Senin (25/62018) siang.

Verifikasi Lapangan BAPETEN terkait Pembuatan Tangki Teras Perangkat Subkritis SAMOP

Bapeten-PSTA

Sebagai tindak lanjut dari proses perizinan yang diajukan oleh Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN untuk program pemanfaatan beamport Reaktor Kartini untuk penelitian dan pengembangan Subcritical Assembly for Molybdenum Production (SAMOP), telah dilakukan verifikasi lapangan ke pabrikan tangki teras perangkat subkritis SAMOP PT Boma Bisma Indra, Pasuruan Jawa Timur (5/12). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir Dahlia C Sinaga dan dihadiri oleh pemohon izin dari PSTA BATAN Yogyakarta.

Copyright BAPETEN | 2015