Info BAPETEN


Berita BAPETEN

Rapat Koordinasi Penyusunan Pedoman Perencanaan Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Reaktor Nuklir di Bandung

Foto bersama Pedoman Bandung

[BAPETEN-Bandung] Kesiapan semua infrastruktur dan kemampuan fungsi penanggulangan yang siap dikomando dan dioperasionalkan sejak dari tingkat fasilitas, daerah dan nasional, yang terpadu dan dilengkapi dengan pedoman pelaksanaan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 54 tahun 2012 tentang Keselamatan dan Keamanan Instalasi Nuklir, Bab V Pasal 65 sampai dengan Pasal 93, serta Peraturan Kepala BAPETEN No. 1 tahun 2010 tentang Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir, sangat diperlukan dalam rangka mengantisipasi dan memberikan respon cepat terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan di reaktor nuklir.

BAPETEN Gelar IAEA National Workshop on Safety Review and Assessment by the Regulatory Body

Pembukaan Deputi

Guna mencapai dan mempertahankan tingkat keselamatan yang tinggi pada setiap tahap pembangunan dan pengoperasian instalasi nuklir, diperlukan infrastruktur pengawasan dan peraturan memadai. Selain itu juga badan pengawas yang memiliki fungsi dan tanggung jawab yang terdefinisi dengan jelas.

BAPETEN Gelar Konsultasi Publik tentang Keselamatan Pengangkutan Zat Radioaktif

2

Kegiatan konsultasi publik Peraturan Kepala BAPETEN tentang Keselamatan Pengangkutan Zat Radioaktif bagi pemangku kepentingan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, digelar Kamis (14/9/2017). Konsultasi publik dilakukan untuk mengumpulkan masukan dari para stakeholders terhadap Rancangan Peraturan Kepala BAPETEN tentang Keselamatan Pengangkutan Zat Radioaktif.

Pemaparan Pengawasan Pengendalian NORM di Mamuju

IMG_2296

 Dalam melaksanakan diseminasi informasi mengenai NORM di Mamuju, terdapat enam pembicara yang memberikan banyak informasi mengenai radioaktif di Mamuju baik dari segi penelitian maupun pengawasannya. Pembicara pertama dari Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Barat, Amri Eka Sakti mengatakan bahwa di Mamuju  terdapat mineral radioaktif berupa uranium dan torium . Beberapa isu strategis pun diungkapkan bahwa belum optimalnya eksploitasi potensi energi dan sumber daya mineral, belum optimalnya pemanfaatan dan pengembangan energi baru terbarukan serta maraknya penambangan tanpa izin. Untuk itu Dinas ESDM Sulbar menetapkan program prioritas berupa  program pembinaan dan pengawasan bidang pertambangan, program pembinaan dan pengembangan  bidang ketenagalistrikan, program survei dan pemetaan sumber daya geologi, tata lingkungan, mineral dan batu bara, serta pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan.

Copyright BAPETEN | 2015