Performance Testing Training Course (Nuclear Security Devices)

IMG_2210 (1)

Dalam menjamin keamanan sumber radioaktif, BAPETEN sebagai badan pengawas mempunyai kewajiban untuk mengerti fungsi seluruh komponen sistem keamanan tersebut. Untuk itu, bertempat di BAPETEN diselenggarakan Workshop Performance Testing of Physical Protection System dari tanggal 12-15 September 2017 dan diikuti oleh peserta dari BAPETEN dan BATAN. Workshop ini menghadirkan pembicara BATAN dan BAPETEN serta ISCN Jepang yaitu Yo Nakamura dan Reina Matsuzawa.

Dalam sambutannya Deputi Perizinan dan Inspeksi Khoirul Huda, menyatakan bahwa “Nuclear Security adalah salah satu dari tiga aspek terpenting dalam sistem pengawasan, di mana di dalamnya terdapat Safety, Security dan Safeguard (3-S). Materi dari pelatihan ini adalah mengetahui bagaimana secara teori dan praktik dalam pengujian kinerja, pendeteksian sensor, serta evaluasi dan analisis dari hambatan yang terjadi.”

Untuk itu, dalam rangka menjamin sistem keamanan dari sumber radioaktif berjalan seperti yang diharapkan, pengujian fungsi dan kinerja harus dilakukan secara rutin. Inspektur pengawasan, operator fasilitas dan personil terkait lainnya harus menguasai sistem tersebut, diantaranya personil tersebut harus mengerti desain dari sistem security, mengerti bagaimana sistem bekerja, serta bagaimana komponen yang terpisah menjadi berfungsi dengan baik.[BHO/RA].

Print Friendly
FacebookTwitterLinkedIn
Copyright BAPETEN | 2015