Lembaga Uji Kesesuaian

LEMBAGA UJI KESESUAIAN

 

PENDAHULUAN

Setiap pesawat sinar-X radiologi diagnostik dan intervensional yang digunakan di fasiilitas kesehatan harus diuji sebelum dioperasikan dan diuji secara berkala. Pengujian yang dikenal sebagai uji kesesuaian tersebut diatur dalam Peraturan BAPETEN Nomor 2 Tahun 2018 tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensioal.
Jenis pesawat sinar-X yag wajib diuji adalah:
1. Pesawat sinar-x Radiografi umum
2. Pesawat sinar-x Fluoroskopi
3. Pesawat sinar-x Mammografi
4. Pesawat sinar-x CT-Scan
5. Pesawat Sinar-x gigi

alur

 

Pengujian pesawat sinar-X harus dilakukan oleh Lembaga Uji Kesesuaian (LUK) yang kompeten dan telah ditunjuk oleh BAPETEN. Masa berlaku penunjukan LUK adalah 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang. Selama masa penunjukan LUK harus sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sesuai dengan Lingkupnya.
Apabila LUK tidak dapat memenuhi akreditasi selama masa berlaku penunjukan, LUK diberi kesempatan 1 (satu) kali perpanjangan. LUK yang telah mendapatkan akreditasi tetap mengajukan permohonan kepada BAPETEN.

Persyaratan Permohonan Baru

  1. Surat permohonan tertulis menyebutkan ruang lingkup pengujian ditujukan kepada Kepala BAPETEN u.p. Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir, Jl. Gajah Mada No. 8 (Gedung C BAPETEN), Jakarta Pusat 10120.
  2. Formulir Permohonan penunjukan LUK yang telah diisi.
  3. Fotokopi bukti badan hukum atau badan usaha (akta perusahaan atau SK pembentukan).
  4. Bagan struktur organisasi yang disahkan oleh Pimpinan.
  5. Daftar personil penguji, dilengkapi:
    1. Fotokopi NIK;
    2. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir;
    3. Sertifikat pelatihan atau SIB proteksi radiasi bidang medik;
    4. Sertifikat pelatihan uji kesesuaian yang diakui oleh BAPETEN; dan
    5. Surat keterangan pengalaman kerja pemasangan/pemeliharaan/pengujian pesawat sinar-X.
  6. Daftar personil administrasi, dilengkapi:
    1. Fotokopi NIK;
    2. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir; dan
    3. Surat keterangan pengalaman kerja
  7. Dokumen sistem manajemen.
  8. Dokumen yang memuat metode uji dan form pengambilan data.
  9. Daftar peralatan yang memuat informasi jumlah, merk, model, nomor seri, tanggal dan tempat kalibrasi dilengkapi:
    1. fotokopi sertifikat kalibrasi alat ukur;
    2. fotokopi sertifikat pabrikan alat uji; dan/atau
    3. manual pantom.
  10. Contoh laporan hasil uji untuk pesawat sinar-X sesuai lingkup yang diajukan.
  11. Bukti hasil pemantauan kesehatan.
  12. Bukti evaluasi dosis personil penguji dan pendukung.

Persyaratan Permohonan Perpanjangan:

  1. Surat permohonan perpanjangan tertulis menyebutkan ruang lingkup atau jenis pengujian.
  2. Formulir Permohonan perpanjangan yang telah diisi.
  3. Laporan audit internal.
  4. Laporan kinerja tahunan.
  5. Laporan hasil kaji ulang manajemen
  6. Dokumen nomor 5, 6, 7, 8, 9 di atas apabila terdapat pemutakhiran data.

 

Tata Cara

Permohonan ditujukan kepada:
Kepala BAPETEN
u.p. Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN)
Jl. Gajah Mada No. 8 (Gedung C),
Jakarta Pusat 10120.
uji_kesesuaian@bapeten.go.id
lab.uji.bapeten@gmail.com

 

Tarif Penerimaan Bukan Pajak

 

LINGKUP BARU PERPANJANGAN
Radiografi Umum 2.400.000 1.950.000
Radiografi Mobile 2.400.000 1.950.000
Fluoroskopi 2.540.000 1.950.000
Mammografi 2.400.000 1.950.000
CT-Scan 3.340.000 1.950.000
Pesawat Gigi 2.540.000 1.950.000

 

urutan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi dan kontak
Sekretariat Penunjukan  Lembaga Uji Kesesuaian,
u.p DKKN – BAPETEN
Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta Pusat
Telpon: (021) 63858269-70 ext. 3200/3214
Faksimili (021) 6302187
Email uji_kesesuaian@bapeten.go.id

https://www.bapeten.go.id

Download

  1. Surat Permohonan Penunjukan LUK
  2. Formulir Permohonan Penunjukan LUK
  3. Leaflet Lembaga Uji Kesesuaian
Copyright BAPETEN | 2015