Banner BAPETEN
BAPETEN Melaksanakan Diseminasi Pengawasan dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Purwokerto, Jawa Tengah
Kembali 23 Februari 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-02-24-200000.png

Sebagai badan pengawas, BAPETEN memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia. Namun di samping tugas dan fungsi tersebut, BAPETEN juga memiliki program strategis, tugas dalam melaksanakan edukasi publik yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar mengenai energi nuklir, pemanfaatan nuklir, serta memperkenalkan keberadaan lembaga pengawas tenaga nuklir.

Sosialisasi dengan tema ”Diseminasi Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Indonesia” ini terlaksana atas koordinasi dan kerja sama antara BAPETEN dengan DPR-RI. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia, dan kali ini sosialisasi dilaksanakan pada Kamis 23 Februari 2023 di Purwokerto, Jawa Tengah dan memperoleh respons positif dari masyarakat.

imgkontenimgkonten

Acara dibuka oleh Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo, yang dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, “Kegiatan diseminasi ini dilaksanakan BAPETEN guna melaksanakan fungsi pengawasan. Nuklir sendiri di Indonesia digunakan dengan tujuan damai yaitu terdapat pada 2 bidang, Bidang Kesehatan seperti di rumah sakit untuk unit radiologi rontgen, radioterapi, kedokteran nuklir serta bidang Industri digunakan pada pabrik kertas, baja, kimia, pesawat terbang dll”.

imgkontenimgkonten

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Koordinator Komunikasi Publik BAPETEN Abdul Qohhar yang menyampaikan materi tentang "Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir oleh BAPETEN, dimana dalam melaksanakan tugas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, BAPETEN menyusun peraturan, menerbitkan izin, dan melaksanakan inspeksi”.

imgkontenimgkonten

Kegiatan ditutup oleh Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Parwoto, yang menutup dengan menyampaikan “Diseminasi itu artinya penyebaran informasi, Indonesia mampu memanfaatkan nuklir dengan maksud damai, maka dari itu tugas dan fungsi BAPETEN yaitu mengawasi pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia agar aman dan berguna bagi masyarakat seklaian”.Di akhir acara juga dibuka sesi diskusi yang diiukuti peserta diseminasi dengan antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan. [BHKK/OR]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK