Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis DRL dan Si-INTAN di Jakarta
Kembali 31 Mei 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-06-02-081201.png

Guna pelaksanaan fungsi pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir pada fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas radiologi diagnostik dan intervensional serta kedokteran nuklir diagnostik, pada Selasa (31/5) di Jakarta, BAPETEN menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Si-INTAN bagi para fisikawan medik, radiografer atau pun Petugas Proteksi Radiasi (PPR) dari fasilitas pelayanan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan mengenai Diagnostic Reference Level (DRL) dan memandu penginputan dosis pasien melalui aplikasi Si-INTAN. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 perwakilan Fasilitas Kesehatan secara luring dan 14 perwakilan Fasilitas Kesehatan secara daring.

Acara dibuka oleh Rusmanto mewakili Kepala Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (P2STPFRZR) – BAPETEN. Dalam sambutannya, Rusmanto menyampaikan bahwa tahun 2022 akan dilakukan penetapan nilai Tingkat Panduan Diagnostik Nasional untuk modalitas Fluoroskopi dan Kedokteran Nuklir Diagnostik, sehingga kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat mempercepat proses pengumpulan data dosis pasien sehingga menambah kontribusi data dalam penetapan nilai DRL. “Dengan adanya Tingkat Panduan Diagnostik, diharapkan fasilitas kesehatan mampu melakukan reviu secara mandiri apakah fasilitas kesehatan selama ini telah memberikan dosis yang tepat kepada pasien ataukah masih cukup tinggi atau pun rendah sehingga perlu adanya evaluasi penggunaan sumber radiasi pengion yang menuju ke ALARA.”

imgkontenimgkonten

Guna memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta terkait tingkat panduan diagnostik dan aplikasi Si-INTAN dilanjutkan dengan presentasi tentang “Pengenalan DRL dan Si-INTAN serta Penggunaan DRL dalam Optimisasi Paparan Medik” oleh Endang Kunarsih, dan “Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Dosis Pasien (Si-INTAN)” oleh Ida Bagus Gede Putra Pratama. Seluruh peserta dipandu untuk praktik langsung penggunaan Si-INTAN mulai dari tahapan registrasi untuk memperoleh akun Si-INTAN, tata cara menginput data modalitas dan data dosis pasien.

imgkonten

imgkonten

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan sasaran yang dituju dapat tercapai, yaitu semakin meningkatnya kepatuhan pemegang izin dalam melaporkan data dosis pasien ke dalam Si-INTAN, meningkatnya kecukupan dan kelayakan data dosis untuk keperluan penentuan DRL, dan meningkatnya awareness dalam optimisasi dosis menggunakan DRL, sehingga pada akhirnya diharapkan penerimaan dosis radiasi yang tidak perlu (unnecessary exposure) pada pasien akibat adanya ketidaktepatan dosis yang diberikan bisa dihindari. (IGBPP/EK/BHKK/OR)

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2022-02-16-162808.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK