Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis Tingkat Panduan Diagnostik dan Si-INTAN untuk Mamografi dan Radiografi Gigi
Kembali 16 Februari 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-02-16-172357.jpg

Guna mendorong dan memfasilitasi penerapan optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi untuk pasien melalui Tingkat Panduan Diagnostik (TPD), Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (P2STPFRZR) BAPETEN menggelar bimbingan teknis (bimtek) mengenai TPD dan Si-INTAN kepada 31 perwakilan fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit/klinik) di wilayah Surabaya dan sekitarnya, pada Kamis,16 Februari 2023.

Pengenalan TPD untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya TPD dalam optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi pada pasien. Pengenalan Si-INTAN pada sesi ini memberikan panduan kepada fasilitas kesehatan mengenai cara menggunakan aplikasi Si-INTAN untuk pelaporan data dosis pasien yang menjalani pemeriksaan mamografi dan radiografi gigi.

imgkonten imgkonten

Koordinator Pengkajian Kesehatan mewakili Kepala P2STPFRZR, Rusmanto pada sesi pembukaan menekankan pentingnya penerapan optimisasi proteksi radiasi untuk menjamin mutu dan keselamatan pasien. “Fasilitas diharuskan melakukan identifikasi dosis radiasi pasien, melaporkan ke BAPETEN melalui Si-INTAN, melakukan audit dosis melalui perbandingan nilai TPD lokal fasilitas atau nilai tipikal dosis dengan TPD Indonesia (jika sudah ada) atau profil dosis tahunan (jika belum ada nilai TPD Indonesia-nya)” ujarnya

Lebih lanjut disampaikan Rusmanto, tindak lanjut dari hasil audit dosis dengan mengevaluasi penyebab dan tindakan yang diambil untuk perbaikan. “ Jika hasil audit dosis menunjukkan simpangan yang lebih besar 20% maka perlu reviu protokol penyinaran atau pemeriksaan, dan jika simpangan kurang dari 20% maka perlu reviu mutu citra” tambahnya.

imgkonten imgkonten

Pada Bimtek ini disampaikan beberapa materi presentasi meliputi: “Pengenalan Tingkat Panduan Diagnostik (DRL) dan Audit Dosis” oleh Endang Kunarsih, dan materi “Pengenalan Si-INTAN dan Praktik Pelaporan Data Dosis Pasien pada Radiografi Gigi” oleh Ida Bagus Gede Putra Pratama, serta materi “Praktik Pelaporan Data Dosis pada Mamografi” oleh Hermansyah. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan evaluasi oleh seluruh peserta Bimtek.

Setelah bimtek ini diharapkan akan tumbuh kesadaran bagi rumah sakit/klinik untuk secara aktif melaporkan rekaman data dosis pasien melalui aplikasi Si-INTAN sesuai amanat dari Peraturan BAPETEN No. 4 Tahun 2020 tentang Keselamatan Radiasi dalam Penggunaan Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional.

imgkonten

Bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang ingin meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menginput/melaporkan rekaman data dosis pasien melalui Si-INTAN dapat menghubungi tim TPD BAPETEN melalui tautan berikut: https://idrl.bapeten.go.id/index.php/site/bimtek. Pelatihan atau bimbingan teknis ini tidak dipungut biaya baik secara tatap muka maupun virtual. (P2STPFRZR/Hermansyah/BHKK/Bams)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK