Banner BAPETEN
Inspeksi Keselamatan Nuklir di Instalasi Pusat Riset dan Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PRTRR) - BRIN
Kembali 01 November 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-11-01-162517.jpeg

Sebagai implementasi Pasal 20 Undang-Undang No 10 tahun 1997 tentang ketenaganukliran terkait pelaksanaan inspeksi terhadap instalasi nuklir dan instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion, Direktorat Inspeksi Instalasi dan Bahan Nuklir (DIIBN) BAPETEN menyelenggarakan inspeksi keselamatan nuklir kedua ke Instalasi Pusat Riset dan Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PRTRR) - Badan Riset dan Inovasi Nasional, Serpong, Senin-Jumat (25-29/10).

Inspeksi ditujukan untuk memastikan bahwa pengoperasian fasilitas PRTRR tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap keselamatan pekerja, masyarakat, dan lingkungan hidup, di samping untuk memastikan ditaatinya syarat-syarat dalam perizinan dan peraturan perundang-undangan di bidang keselamatan nuklir, termasuk Batasan dan Kondisi Operasi (BKO) yang telah ditetapkan.

imgkonten

Dalam sambutan pembukaan pada pertemuan awal (entry meeting) yang dilaksanakan secara daring, Kepala PRTRR, Rohadi menyampaikan, “Ada perubahan organisasi di BATAN yang saat ini bergabung ke BRIN.Secara keselamatan dan teknis tidak banyak berubah, hanya secara koordinasi ke depan mungkin akan ada perubahan termasuk untuk komitmen anggaran di tahun depan, termasuk untuk masalah perizinan”.

imgkonten

imgkonten

Ketua tim inspeksi PRTRR-2, Abdul Qohhar dalam sambutan entry menyampaikan rencana pelaksanaan inspeksi dan juga area yang menjadi fokus pelaksanaan inspeksi kali ini, yaitu aspek operasi, perawatan, proteksi radiasi, dan kesiapsiagaan nuklir. Qohhar juga menyampaikan temuan inspeksi sebelumnya dan beberapa hasil observasi yang diperoleh tim inspektur di lapangan. Qohhar menyampaikan, “Dalam inspeksi ini selain ditujukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap keempat aspek tersebut, inspeksi juga dilakukan untuk memeriksa tindak lanjut temuan inspeksi sebelumnya.”

imgkonten

imgkonten

Kegiatan inspeksi diawali dengan proses pemeriksaan dokumen yang dilakukan secara daring, di mana tim inspektur melakukan pengecekan terhadap dokumen yang telah diunggah oleh fasilitas sebelumnya. Selanjutnya dilakukan verifikasi ke lapangan untuk melihat kondisi di fasilitas, termasuk melakukan pengujian terhadap beberapa sistem keselamatan yang ada.

imgkonten

Inspeksi keselamatan nuklir diakhiri dengan pelaksanaan exit meeting secara daring, yang dimaksudkan untuk membahas dan mengkonfirmasi seluruh temuan hasil inspeksi termasuk komitmen fasilitas untuk menindaklanjuti seluruh temuan tersebut. Dalam exit meeting, Qohhar menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran manajemen dan seluruh staf PRTRR yang telah banyak membantu kelancaran kegiatan inspeksi. [BHKK/AQ]

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK