Banner BAPETEN
Inspeksi Keselamatan Nuklir di Instalasi Produksi Elemen Bakar Reaktor Riset
Kembali 20 Maret 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-03-21-210245.jpg

Sebagai wujud pelaksanaan tugas BAPETEN dalam mengawasi pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, Direktorat Inspeksi Instalasi dan Bahan Nuklir (DIIBN) BAPETEN menyelenggarakan inspeksi keselamatan nuklir ke Instalasi Produksi Elemen Bakar Reaktor Riset (IPEBRR) – PT. Inuki, Selasa-Jumat (16-19/03).

Inspeksi ditujukan untuk memastikan bahwa pengoperasian IPEBRR tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap keselamatan pekerja,masyarakat, dan lingkungan hidup, di samping untuk memastikan kesesuaian kondisi di lapangan dengan kondisi izin maupun Batasan dan Kondisi Operasi (BKO) yang telah ditetapkan.

Dalam sambutan pembukaan pada pertemuan awal (entry meeting) yang dilaksanakan secara daring, Direktur Produksi dan Pemasaran PT. INUKI, Heru Puryanto menyampaikan, “Dengan kegiatan inspeksi ini diharapkan INUKI bisa lebih baik lagi ke depan, dan bila ada masukan atau temuan, menjadi komitmen INUKI untuk melakukan perbaikan dan tindak lanjut sesuai SOP yang ada”.

imgkonten

Selanjutnya ketua tim inspeksi IPEBRR-1, Tino Sawaldi dalam sambutan entry menyampaikan rencana pelaksanaan inspeksi dan juga area yang menjadi fokus pelaksanaan inspeksi kali ini, yaitu aspek operasi, perawatan, proteksi radiasi, dan kesiapsiagaan nuklir. Tino menyampaikan, “Pada tahun 2020 telah dilakukan perpanjangan izin operasi IPEBRR, di mana di dalam KTUN tersebut ada beberapa kondisi izin yang akan dimintakan tindak lanjutnya. Oleh karena itu dalam inspeksi ini ditujukan untuk memeriksa tindak lanjut terhadap beberapa kondisi izin tersebut, di samping untuk melihat juga tindak lanjut yang telah dilakukan IPEBRR terhadap temuan inspeksi sebelumnya.”

imgkonten

imgkonten








Kegiatan inspeksi diawali dengan proses pemeriksaan dokumen yang dilakukan secara daring, di mana tim inspektur melakukan pengecekan terhadap dokumen yang telah diunggah oleh fasilitas sebelumnya. Selanjutnya dilakukan verifikasi ke lapangan untuk melihat kondisi di fasilitas, termasuk melakukan pengujian terhadap beberapa sistem keselamatan yang ada.

imgkonten

imgkonten









Inspeksi keselamatan nuklir diakhiri dengan pelaksanaan exit meeting secara daring, yang dimaksudkan untuk membahas dan mengkonfirmasi seluruh temuan hasil inspeksi termasuk komitmen fasilitas untuk menindaklanjuti seluruh temuan tersebut. Dalam exit meeting, Tino menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran manajemen dan seluruh staf IPEBRR yang telah banyak membantu kelancaran kegiatan inspeksi. [BHKK/AQ]

imgkonten



Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK