Banner BAPETEN
Inspektorat BAPETEN Lakukan Benchmark dan Sharing Knowledge Pengawasan Intern ke Inspektorat BPKP dan Inspektorat BPOM
Kembali 05 April 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-04-06-113031.jpeg

Inspektorat BAPETEN melaksanakan kunjungan ke Inspektorat BPKP Pusat dan Inspektorat BPOM dalam rangka Benchmark dan Sharing Knowledge Pengawasan Intern terkait Pelaksanaan CACM (Continous Auditing and Continous Monitoring) terhadap Unit Kerja dan Monev Manajemen Risiko Unit Kerja serta Sharing Telaah Sejawat (Peer Reviu) Internal di Inspektorat BPKP dan Inspektorat BPOM.

Kunjungan ke Inspektorat BPKP Pusat dilakukan pada Kamis, 30 Maret 2023 yang diterima oleh, Koordinator Pengawasan Bidang Pelayanan Konsultasi dan Penjaminan Mutu, Meidina Sari beserta jajarannya di ruang rapat Inspektorat BPKP Pusat Lt.7 Kantor BPKP Pusat. Sementara di Inspektorat BPOM, Inspektorat BAPETEN diterima oleh Inspektur II BPOM, Yudianto yang mewakili Inspektur Utama BPOM Dra. Elin Herlina, beserta jajarannya di Lt.6 Gedung Batik BPOM pada Rabu, 05 April 2023.

imgkonten imgkonten

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan Inspektorat BAPETEN ke Inspektorat BPKP dan Inspektorat BPOM oleh Bapak Hery Budi Santoso, selaku Kepala Inspektorat BAPETEN yang menjelaskan bahwa pengawasan intern memegang peran penting dalam mengawal dan mengoptimalkan kinerja dan pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan assurance dan consulting yang independen dan objektif dalam rangka memberikan nilai tambah dan perbaikan operasi organisasi dalam mencapai tujuannya dengan pendekatan sistematis dan disiplin untuk mengevaluasi dan memperbaiki tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern sehingga diperlukan integritas, kompetensi dan kapabilitas APIP yang memadai.

Selain itu, perkembangan teknologi berupa revolusi industri 4.0 dan saat ini menuju 5.0, juga harus diimbangi dengan penguasaan teknologi informasi oleh Inspektorat BAEPTEN selaku APIP. Semua itu merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Inspektorat BAPETEN selaku APIP untuk dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan kepercayaan dari stakeholder, dalam rangka meningkatkan peran dan efektifitas Inspektorat sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 41 Peraturan Pemerintah Tahun 2008.

imgkonten imgkonten

Acara dimulai dengan perkenalan dari pihak masing-masing yang dilanjutkan dengan presentasi dari Inspektorat BPKP mengenai implementasi CACM dan Manajemen Risiko yang disampaikan oleh Ariesca K.S. selaku nara sumber. Pada presentasi ini, dijelaskan mengenai Aplikasi CITRA BPKP dan BEWISE (BPKP-Wise Risk Management System) sebagai implementasi CACM untuk peningkatan transparansi, reformasi birokrasi, dan akuntabilitas BPKP.

Presentasi dilanjutkan Ibu Siska Rahmawaty mengenai telaah sejawat internal dan eksternal, dalam presentasinya dijelaskan kebijakan serta implementasi pelaksanaan telaah sejawat (peer reviu) internaldi Inspektorat BPKP.

imgkonten

Di Inspektorat BPOM, diperoleh penjelasan terkait Kapabilitas APIP sebagai implementasi dari Pelaksanaan CACM (Continous Auditing and Continous Monitoring serta inovasi-inovasi pengawasan intern yang telah dilakukan oleh Insektorat BPOM. Inspektur II BPOM, Yudianto menjelaskan beberapa inovasi digitalisasi pengawasan intern yang telah dilakukan yaitu SAPA APIP (Sistem Aplikasi Terpadu Aparat pengawas Intern Pemerintah), Inspiring Audit (manajemen pengawasan intern BPOM), SOLUSI (Layanan konsultasi secara online), E-Monev RB (pelaporan dan monev progres RB), dan Sang Integritas (pelaporan gratifikasi, benturan kepentingan, whistle blowing system secara online).

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama. Inspektorat BPKP maupun Inspektorat BPOM berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat dalam implementasi pelaksanaan CACM, Manajemen Risiko, dan Telaah Sejawat (Peer Reviu) Internal di BAPETEN, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan menambah ilmu serta kapabilitas Inspektorat BAPETEN dalam pelaksanaan tugas pengawasan intern agar Inspektorat BAPETEN dapat lebih memberikan added value bagi Lembaga BAPETEN.(Inspektorat/Anis/BHKK/Bams).


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK