Banner BAPETEN
Kunjungan Tim Penyusun Peraturan Perundang-undangan Bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif ke PT. Sarihusada Generasi Mahardika Prambanan Factory
Kembali 07 Maret 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-03-08-132413.jfif

Direktorat Pengaturan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (DP2FRZR) BAPETEN menyelenggarakan kunjungan dan diskusi terkait penerapan peraturan perundang-undangan bidang fasilitas radiasi dan zat radioaktif pada fasilitas uji tak rusak menggunakan sumber radiasi pengion terpasang tetap di PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (PT. SGM) Prambanan Factory pada tanggal 7 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan peraturan perundang-undangan bidang fasilitas radiasi dan zat radioaktif dengan pihak pemangku kepentingan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah diselenggarakan sehari sebelumnya.

imgkonten

Dalam sambutannya, pihak PT. SGM yang diwakili oleh Factory Facility & Services Manager East, Syarif Karnadi, menyambut baik kedatangan tim DP2FRZR BAPETEN dan mengumpulkan para manajer dan supervisor terkait dari berbagai divisi untuk melakukan diskusi dengan tim. Dalam pengantarnya, tim DP2FRZR BAPETEN yang diwakili oleh Koordinator Kelompok Fungsi PPRKL, Aris Sanyoto, menyampaikan bahwa kunjungan ini bukan merupakan kegiatan inspeksi yang memeriksa how to comply sesuai peraturan, namun untuk menimba ilmu di lapangan yang dapat berguna dalam penyusunan persyaratan peraturan.

imgkonten

Syarif Karnadi juga menyampaikan presentasi mengenai Prambanan Factory Introduction dan pemanfaatan x-ray di PT. SGM. Dalam presentasinya, Syarif memperkenalkan dan menjelaskan mengenai value atau nilai-nilai yang dipegang teguh oleh seluruh karyawan PT. SGM yaitu bersyukur & bekerja sesuai prosedur, entah bagaimana caranya, memanusiakan manusia, selalu ingat akhirat, ayo belajar, jaga diri, teman dan pekerjaan serta jangan bergantung.

imgkonten

Prambanan east factory PT SGM ini merupakan pabrik terbesar untuk pengemasan susu di Indonesia. Terkait dengan pemanfaatan sumber radiasi pengion, PT. SGM memiliki total 9 buah mesin pesawat sinar-X yang dimanfaatkan di area filling and packing untuk mendeteksi foreign matter seperti Fe-12 dan Al-12 dalam kemasan susu yang diproduksi.

Dalam kunjungan ini, tim penyusun peraturan mendapatkan informasi mengenai profil perusahaan, alur proses, spesifikasi pesawat sinar-X yang digunakan, program perawatan serta komitmen perusahaan untuk mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hasil kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan dari tim penyusun untuk merumuskan peraturan yang lebih baik dan mampu laksana. (DP2FRZR/Diella Ayudhya Susanti/BHKK/Bams)

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK