Banner BAPETEN
Latihan Bersama Penanggulangan Kedaruratan Nuklir DKKN BAPETEN dengan Kompi Nubika Direktorat Zeni TNI-AD
Kembali 11 April 2017 | Berita BAPETEN
ft-13-300x225.jpg

BOGOR – Direktorat Keteknikan dan Kesiapsigaan Nuklir (DKKN) dan Kompi Nubika TNI AD telah melakukan latihan bersama di Markas Kompi Nubika Ciseeng, Bogor. Latihan bersama selama 2 hari (4-5/4/2017) adalah latihan kedua yang sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2006 dengan melibatkan observer regional Asia Pasifik. Latihan dirancang  untuk meningkatkan kemampuan bersama dalam respon kedaruratan yang melibatkan sumber radioaktif. Kegiatan ini sebagai penjabaran fungsi Coordination dan Capacity Building dalam I-CoNSEP (Indonesia Center of Excellence Nuclear Security and Emergency Preparedness).

imgkonten             imgkonten

Kegiatan latihan bersama dibuka oleh Direktur KKN, Dedik Eko Sumargo. Dalam arahan, Dedik Eko menyampaikan, “Kompi Nubika telah memiliki kemampuan lapangan yang mumpuni dalam hal penanggulangan. Kami berharap pada latihan ini STD (satuan Tanggap Darurat) BAPETEN banyak belajar dalam hal metode deteksi, proteksi diri dan dekontaminasi”.  Sementara itu mewakili Direktorat Zeni AD, Mayor Erlangga Perdana menyampaikan tujuan latihan bersama bagi Kompi Nubika adalah penyegaran dan menguatkan pengetahuan dasar tentang nuklir/radiasi dan mendiskusikan panduan praktis di lapangan.

imgkonten             imgkonten

imgkonten             imgkonten

Pelatihan diikuti oleh empat puluh orang anggota dari Kompi Nubika TNI AD dan sepuluh orang anggota STD BAPETEN. Pelatihan dilaksanakan melalui paparan materi dari tim STD BAPETEN yang meliputi pemanfaatan radiasi, dasar proteksi radiasi, pengenalan alat ukur radiasi dan alat pelindung diri, serta dasar penanggulangan kedaruratan radiologi. Sedangkan paparan dari Kompi Nubika adalah tentang metode deteksi, proteksi dan dekontaminasi. Kegiatan hari kedua adalah latihan bersama dalam penanggulangan kedaruratan nuklir/radiasi.

imgkonten             imgkonten

imgkonten             imgkonten

Pada sesi penutupan Komandan Kompi Nubika TNI-AD Kapten Angga Harinda menyampaikan rasa terima kasih atas prakarsa BAPETEN untuk menginisiasi latihan bersama ini dan menekankan pentingnya kegiatan ini untuk dilaksanakan secara periodik. [DKKN/TH]

imgkonten             imgkonten

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK