Banner BAPETEN
Pelatihan Administrasi dan Tata Kelola Perkantoran BAPETEN Bagi CASN
Kembali 15 Maret 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-03-15-105543.png

Pengelolaan kantor yang baik akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas, karena kantor merupakan pusat sistem administrasi. Personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Untuk itu, BAPETEN mengadakan “Pelatihan Administrasi dan Tata Kelola Perkantoran BAPETEN”.

Pelatihan diawali dengan laporan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan BAPETEN Lukman Hakim, yang melaporkan“Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai administrasi dan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan di BAPETEN. Latar belakang dari pelatihan ini adalah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Aparatur Sipil Negara bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) berhak untuk mendapatkan pengembangan kompetensi untuk memenuhi syarat kompetensi jabatan dan menunjang pelaksanaan tugas. Selain kompetensi teknis, ASN juga memerlukan pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan tata kelola pemerintahan yang berlaku di lembaga pemerintah. Pelatihan yang akan berlangsung pada 15-19 Maret 2021, dan dilakukan dengan metode pembelajaran daring ini, diikuti oleh 71 peserta dari seluruh unit kerja di lingkungan BAPETEN.”

imgkontenimgkonten

Acara dibuka oleh Sekretaris Utama BAPETEN Sugeng Sumbarjo, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan “Pelatihan ini bertujuan untuk menambah kompetensi dasar teman-teman CPNS yang baru bergabung. Sehingga kompetensi ini bisa mendukung dalam melaksanakan fungsinya di unit kerja masing-masing. Walaupun ini wajib bagi CPNS, ada juga teman-teman PPNPN yang bergabung. Hal ini, bagus terutama yang terkait langsung dengan pengenalan administrasi dan tata kelola administrasi. Hal yang paling simpel adalah kalau kita menjadi pegawai harus terbiasa membuat konsep surat, administrasi yang paling sederhana diminta oleh atasan membuat surat, ada beberapa jenis seperti Memo, Nota Dinas dan surat dinas lain harus tahu perbedaannya.”

“kompetensi dasar ini wajib bagi seluruh pegawai untuk diketahui CASN dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Program birokrasi reformasi kita fokuskan untuk tata kelola pemerintah, semua diwajibkan untuk melakukan perubahan-perubahan dasar pada semua aspek.

imgkontenimgkonten

“Selain program reformasi birokrasi, kita juga punya tantangan yaitu adanya industri 4.0 yang juga menjadi tantangan dan pertimbangan BAPETEN dalam melakukan tata kelola administrasi pemanfaatan industri 4.0. Semoga pelatihan ini lancar dan berhasil dengan baik, sehingga semua dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan BAPETEN.” Tambahnya.

Pelatihan selama 5 hari ini, akan mempelajari diantaranya tentang Kebijakan Administrasi dan Tata Kelola Pemerintahan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Administrasi Keuangan Pemerintah, Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), Tata Naskah Dinas, Persuratan dan Arsip.[BHKK/SP].

imgkontenimgkonten

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK