Banner BAPETEN
Pembinaan Peraturan Perundangan Bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif
Kembali 14 Desember 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-12-14-154714.jpeg

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 2007 sudah tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan standar intemasional, dengan semakin meningkatnya tuntutan atas jaminan keselamatan pekerja, anggota masyarakat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup dan keamanan zat radioaktif sehingga perlu dilakukan pengaturan kembali. Sehingga, PP Nomor 33 Tahun 2007, diganti dengan PP Nomor 45 Tahun 2023 Tentang Keselamatan Radiasi Pengion Dan Keamanan Zat Radioaktif. Untuk itu, Direktorat Pengaturan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif BAPETEN mengadakan Sosialisasi PP Nomor 45 Tahun 2023, untuk Inspektur dan Evaluator Bidang FRZR BAPETEN, secara luring dan daring, pada tanggal 14 Desember 2023.

Acara dibuka oleh Plh. Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir BAPETEN Khoirul Huda, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan “Pengganti PP Nomor 33 Tahun 2007, menjadi PP Nomor 45 Tahun 2023 Tentang Keselamatan Radiasi Pengion Dan Keamanan Zat Radioaktif, merupakan penyempurnaan yang lebih fokus pada keselamatan dan keamanan. Pada PP ini, keselamatan lebih luas, beberapa hal lebih spesifik misalnya dalam pemantauan dosis dan penyimpanan rekaman itu diatur dalam pemantauan kesehatan. Hal yang baru adalah jaminan kesejahteraan radiasi, bagi pekerja radiasi di bidang industri dan kesehatan berupa insentif dan jaminan sosial semoga bisa diimplementasikan dengan sebaik-baiknya.”

imgkontenimgkonten

Pembinaan dibagi menjadi 3 sesi pemaparan dan presentasi. Pada sesi pertama pemaparan dan diskusi tentang “Pengantar umum PP No 45 Tahun 2023 Tentang Keselamatan Radiasi Pengion Dan Keamanan Zat Radioaktif” oleh Direktur Pengaturan Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif BAPETEN Mukhlisin, pemaparan tentang “Prinsip Proteksi Radiasi, Proteksi Radiasi Paparan Kerja Dan Proteksi Radiasi Paparan Publik” oleh Koordinator Kelompok Fungsi Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan BAPETEN Aris Sanyoto, dan pemaparan tentang “Proteksi Radiasi Paparan Medik” oleh Soegeng Rahadhy.

Pada Sesi ke-2 pemaparan dan diskusi tentang “Kajian Keselamatan, Program Proteksi Dan Keselamatan Radiasi, Dan Sistem Manajemen” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan Hermawan Puji Yuwana, pemaparan tentang “Paparan Existing Dan Paparan Darurat” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan Gloria Doloressa, dan pemaparan tentang “Keamanan Zat Radioaktif” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan Nanang Triagung Edi Hermawan.

Pada sesi terakhir pemaparan dan diskusi tentang “Manajemen Keselamatan Dan Keamanan” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan Vatimah Zahrawati, pemaparan tentang “SDM, Pelatihan Serta Lembaga Pelatihan” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Kesehatan, Industri dan Penelitian Sawiyah, dan pemaparan tentang “Inspeksi” oleh Pengawas Radiasi BAPETEN dari Kelompok Fungsi Pengaturan Kesehatan, Industri dan Penelitian Dwihardjo Rushartono. [BHKK/SP]

imgkontenimgkonten

imgkontenimgkonten



Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK