Banner BAPETEN
Pembinaan Teknis Kesiapsiagaan Dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi Detasemen Gegana Satbrimobda Kalimantan Selatan
Kembali
small_thumb_2019-12-06-142634.jpg

Kegiatan Pembinaan Teknis Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi digelar kembali oleh Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN yang diikuti 26 personil Detasemen Gegana Satbrimob Polda Khusus Satuan Kimia Biologi dan Radiasi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin dari 3-4 Desember 2019, dibuka secara resmi oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN Dedik Eko Sumargo beserta Kepala Subdirektorat Kesiapsiagaan Nuklir Toto Heryanto dan jajarannya, serta turut hadir Kepala Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ardiyansyah Daulay, S.I.K., MH yang didampingi oleh Komandan Detasemen Gegana Kompol Sofyan Arief, S.I.K.

Dalam sambutannya Dedik Eko Sumargo menyampaikan kegiatan pembinaan teknis kali ini merupakan kelanjutan program yang dimulai dari tahun 2004 dan pelaksanaan di Banjarmasin adalah kegiatan ke 15 dari 34 polda di seluruh Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari dilaksanakan melalui penyampaian materi dari instruktur BAPETEN meliputi dasar-dasar pengawasan dan pemanfaatan tenaga nuklir, proteksi radiasi dan efek biologi, pengenalan alat pelindung diri (APD), pengenalan alat ukur radiasi (AUR) dan perhitungan dosis praktis dalam kontrol eksposur, serta dasar penanggulangan kedaruratan nuklir/radiologi. Materi-materi tersebut disampaikan dengan tujuan pengenalan manfaat dan risiko tenaga nuklir, sehingga peserta dapat memahami ancaman yang timbul dari kedaruratan nuklir/radiologi. Sambutan dilanjutkan oleh Ardiyansyah Daulay, mengharapkan dari pelatihan yang diikuti para peserta dapat menyerap ilmu pengenalan akan bahaya risiko tenaga nuklir dan menambah wawasan Satbrimobda khususnya Gegana dalam menghadapi ancaman bahaya radioaktif.

imgkonten

imgkonten

imgkonten

Presentasi hari pertama awal disampaikan oleh Dedik Eko Sumargo dengan materi kebijakan kesiapsiagaan nuklir dan keamanan nuklir nasional, dilanjutakan oleh M. Tahril Azis, Fajariadi dan presentasi terakhir oleh Toto Heryanto.

imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Kegiatan hari kedua presentasi oleh Aditia An’amta dengan materi pengenalan Alat Ukur Radiasi (AUR), yang dilanjutakan praktikum dilakukan demo penggunaan peralatan dan AUR dalam penerapan dasar-dasar proteksi radiasi dari prinsip waktu, jarak dan perisai, dan tata cara penggunaan dan pelepasan APD yang benar dengan pertimbangan adanya potensi kontaminasi zat radioaktif. Serta disimulasikan juga penanggulangan kedaruratan nuklir/radiasi dengan skenario ditemukan adanya zat radioaktif pada pelaksanaan sterilisasi ruangan/area VVIP dan adanya kontaminasi pada APD terhadap salah satu personil first responder.

imgkonten

imgkonten

imgkonten

imgkonten

Pengenalan akan program Indonesia-Radiation Data Monitoring System (I-RDMS) juga diperkenalkan pada peserta. Program I-RDMS ini adalah salah satu bagian dari Nuclear Early Warning System (N-EWS) yang mencakup wilayah seluruh NKRI, serta salah satu bentuk implementasi dari keikutsertaan Indonesia dalam Convention on Early Notification of a Nuclear Accident dan Convention on Assistance on the Case of a Nuclear or Radiological Emergency.

imgkonten

Kegiatan ditutup oleh Dedik Eko Sumargo didampingi oleh Kompol Sofyan Arief, dalam penutupan, Dedik menyampaikan bahwa personil Gegana merupakan aset yang sangat mahal harganya, untuk membangun SDM yang mau bekerja dengan komitmen tinggi membutuhkan upaya dan sumber daya yang sangat besar, tugas sebagai first responder sangat berat penuh tantangan dan bahaya khususnya di bidang nuklir/radiasi, oleh karena itu tugas harus dilaksanakan dengan selamat, cepat dan tepat. Harapan BAPETEN apa yang telah diberikan melalui bimbingan teknis ini dapat bermanfaat bagi personil BRIMOB dalam melaksanakan tugas kedinasan. [BHKK/IS].





Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK