Banner BAPETEN
Pengenalan Radiasi dan Penanggulan Kedaruratan Nuklir/Radiologi untuk Personel Brimob Polda Lampung
Kembali
lampung_11-300x184.jpg

[Bandar Lampung]. Pelatihan Pengenalan Radiasi dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi untuk meningkatkan kemampuan First Responder (FR) Gegana Brimob Polda Lampung dilaksanakan pada 15 – 16 Maret 2018 di Emersia Hotel dan Resort Bandar Lampung. Pelatihan ini merupakan pelatihan serupa yang ke-11 diadakan, seperti di Polda Kepulauan Riau, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Timur, Polda Kalimantan Timur, Polda Sumatera Barat, Brimob Mabes Polri, Polda Sumatera Selatan dan Polda Jambi.

imgkonten imgkonten

Peningkatan kemampuan SDM instansi yang terlibat dalam penanganan dan pengawasan kesiapsiagaan nuklir dan/atau keamanan nuklir ini merupakan salah satu pilar utama dari I-CoNSEP (Indonesia Center of Excellence on Nuclear Security and Emergency Preparedness).

imgkonten imgkontenimgkonten

Pelatihan diikuti 32 orang dan dibuka oleh Kaden Gegana Brimob Kompol Daulat Nainggolan, SE dan didampingi oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Ir. Dedik Eko Sumargo. Dalam arahannya, Susnadi menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan respons personel Brimob Polda Lampung dalam menghadapi ancaman yang melibatkan zat radioaktif.

imgkonten imgkonten

Pelatihan dilaksanakan melalui penyampaian materi dari tim pengajar BAPETEN yang meliputi dasar-dasar pengawasan tenaga nuklir, pemanfaatan tenaga nuklir, pengenalan radiasi, efek biologis radiasi, dasar proteksi radiasi, pengenalan alat ukur radiasi dan alat pelindung diri, serta dasar penanggulangan kedaruratan radiologi.

imgkonten imgkonten

Di samping pemaparan materi, peserta juga melakukan praktek terkait penggunaan alat ukur radiasi, penggunaan peralatan pelindung diri, penerapan prinsip proteksi radiasi, penanganan bom kotor, dan pencarian sumber radioaktif. Di dalam praktek ini peserta sangat antusias melaksanakannya.

imgkonten imgkonten

Pelatihan pengenalan radiasi dan penangulangan kedaruratan nuklir ditutup oleh AKBP Ferdinand, Maksi Pasule, S.I.K selaku Wadan Detasemen Brimob Polda Lampung dan didampingi Ir. Dedik Eko Sumargo dan Kaden Gegana. Dalam sambutannya Wadan mengharapkan agar pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh selama pelatihan ini dapat bermanfaat bagi personel Gegana pada khususnya dan Brimob Polda Lampung pada umumnya dalam melaksanakan tugas. [dkkn/fai/th]

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK