Banner BAPETEN
Penggunaan Sistem CAT Untuk Pertama Kali Pada Sertifikasi Kompetensi Penguji Berkualifikasi Kesesuaian Pesawat Sinar-X
Kembali 22 Maret 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-03-22-175042.jpg

Dalam rangka memenuhi amanah Pasal 53 Peraturan BAPETEN No. 2 Tahun 2018 tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional. Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN melaksanakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Penguji Berkualifikasi.

Sertifikasi Kompetensi untuk Penguji Berkualifikasi ini dilaksanakan dengan 2 jenis ujian, yaitu ujian praktek dan ujian tertulis. Ujian praktek dilaksanakan di Lab Uji Gedung C BAPETEN, Jakarta dan RS Siloam Agora Cempaka Putih, pada tanggal 19-20 Maret 2024. Sedangkan ujian tertulis dilaksanakan di Ruang Tanggap Darurat Bapeten di Gedung C BAPETEN, Jakarta, pada tanggal 21 Maret 2024.

imgkontenimgkonten

Acara dibuka oleh Direktur DKKN BAPETEN Zulkarnain, yang sambutan pembukaannya menyampaikan “Penggunaan sistem Computer Assistance Test (CAT) adalah bentuk inovasi dari BAPETEN, dalam perkembangan industri 4.0 penggunaan sistem ini membutuhkan evaluasi dan perkembangan yang secara berkala ke depannya, dan ini merupakan bagian dari Continuous Improvement yang merupakan tujuan lembaga ke arah kesempurnaan layanan.”

Acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan mekanisme ujian oleh Koordinator Kelompok Fungsi Jaminan Mutu (KFJM) BAPETEN Rini Suryanti dan Pengawas Radiasi BAPETEN Alimuddin sebagai pelaksana proses.

Acara pembukaan, dihadiri oleh peserta sertifikasi dan seluruh personil KFJM BAPETEN yang ditunjuk sebagai penguji dan pengawas, unit kerja di lingkungan BAPETEN seperti Direktorat Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (DPFRZR) dan Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir (DPIBN) untuk mempelajari hal-hal apa saja yang bisa diterapkan saat ujian terkait Petugas Proteksi Radiasi, serta Biro Perencanaan, Informasi dan Keuangan (BPIK) sebagai unit kerja pembuat aplikasi hadir untuk mengawal penggunaannya.

imgkontenimgkonten

Pada sesi ujian tertulis, untuk pertama kalinya tim penguji sertifikasi kompetensi menggunakan sistem CAT dalam pelaksanaan ujian. Penggunaan CAT dalam ujian tertulis memberikan keuntungan berupa penghematan waktu, efisiensi administrasi, dan kenyamanan peserta karena memanfaatkan teknologi komputer dalam penyajian soal dan pengolahan hasil. Peserta ujian sertifikasi kompetensi Penguji Berkualifikasi berjumlah 7 orang yang berasal dari 7 Lembaga Uji Kesesuaian dan Produksi X ray. Tim penguji sertifikasi kompetensi Penguji Berkualifikasi terdiri dari Tenaga Ahli di BAPETEN.

Sertifikasi Kompetensi Penguji Berkualifikasi uji Kesesuaian kali ini, diadakan dengan lingkup pengujian meliputi Radiografi umum, Pesawat Gigi, dan Fluoroskopi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode luring atau tatap muka secara langsung.

Dengan adanya ujian sertifikasi kompetensi ini, diharapkan dapat diperolehnya personil Penguji Berkualifikasi Uji Kesesuaian yang kompeten dalam melakukan pengujian sesuai lingkup uji yang disertifikasi, sehingga jaminan mutu pelaksanaan uji kesesuaian terhadap pesawat sinar-X akan semakin optimal. [EkoSaptoAji/DKKN/BHKK/SP]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK