Banner BAPETEN
Peningkatan Kemampuan First Responder Pemadam Kebakaran DKI Jakarta untuk Pengenalan Radiasi dan Penanggulangannya
Kembali
Pemadam_11-300x225.jpg

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) mengadakan pelatihan First Responder (FR) untuk personil Pemadam Kebakaran (Damkar) se-DKI Jakarta. Pelatihan Peningkatan kempauan FR Damkar ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 6 – 7 November 2017 yang diikuti oleh 25 peserta yang mewakili 5 wilayah kota administratif di DKI Jakarta.

Direktur DKKN Dedik Eko Sumargo dalam sambutannya menjelaskan, dalam pemahaman internasional, First Responder (yang terdiri atas polisi kewilayahan, emergency medical service dan damkar) memiliki fungsi vital sebagai garda terdepan dalam mengamankan serta menyelamatkan masyarakat dan lingkungan dari potensi bahaya zat radioaktif/nuklir di TKP. "Untuk itu penyegaran dan pelatihan berkala bagi FR menjadi keharusan,” jelasnya.

imgkontenimgkonten imgkonten

Pada pelatihan ini, peserta mendapatkan materi Dasar-Dasar Pengawasan Tenaga Nuklir, Pengenalan Pemanfaatan Tenaga Nuklir dan Potensi Bahayanya, Pengenalan Proteksi Radiasi dan Bahaya Biologi, Pengenalan Kontaminasi dan Dekontaminasi, Pengenalan Alat Ukur Radiasi, Pengenalan Alat Pelindung Diri, serta praktikum penanganan kebakaran yang melibatkan zat radioaktif/nuklir dan dekontaminasi.

imgkonten imgkonten imgkonten imgkonten

Peserta pelatihan terlihat sangat antusitas, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan selama materi dan praktikum berlangsung. Sesuai skema Capacity Building dalam I-CoNSEP (Indonesia Center of Excellence on Nuclear Security and Emergency Preparedness), pelatihan serupa akan diadakan untuk fungsi FR di kota-kota yang dianggap potensial menjadi lokasi kejadian perkara.

imgkonten imgkonten

Pada kesempatan ini peserta juga diberikan kesempatan mengunjungi Ruang Tanggap Darurat (RTD) pada saat acara penutupan. Acara ditutup oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir dengan didampingi oleh Kasubdit Kesiapsiagaan Nuklir Mohammad Tahril Azis, sekaligus pembagian sertifikat secara simbolis kepada perwakilan masing-masing wilayah kota administratif DKI Jakarta.(dkkn/th)

imgkonten

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK