Banner BAPETEN
Persiapan Pelatihan Uji Coba Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir Nasional
Kembali
small_thumb_2023-09-25-175523.jpg

BAPETEN melaksanakan Persiapan Pelatihan Uji Coba Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Nuklir Nasional pada Senin, 25 September 2023 di Yogyakarta. Acara ini dilakukan dalam rangka koordinasi persiapan kegiatan Uji Coba Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir Nasional di Kawasan Sains dan Edukasi (KSE) Achmad Baiquni yang akan dilakukan pada 26 September 2023.

Acara diawali dengan laporan Koordinator Kesiapsiagaan Nuklir–Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN Agus Yudhi yang menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah melihat kemampuan personel instalasi nuklir saat terjadi kondisi kedaruratan. “Perlu diketahui, di dalam KSE Achmad Baiquni terdapat salah satu dari tiga reaktor riset yaitu Reaktor Kartini,” katanya.

imgkonten imgkonten

Direktur K2N Zulkarnain mengatakan kegiatan uji coba kedaruratan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan BAPETEN di fasilitas reaktor riset yang ada di Indonesia. “Kecelakaan nuklir bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, untuk itu menurut saya kegiatan ini sangat penting untuk mengukur kesiapan setiap personel dalam menanggulangi kejadian kedaruratan nuklir,” tambahnya.

imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Kegiatan ini dihadiri beberapa stakeholders terkait yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Jakarta, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin, BPBD Yogyakarta, BMKG Yogyakarta, Detaseman KBR BRIMOB–Polda Yogyakarta, Polsek Depok Sleman dan Koramil Depok Sleman serta unsur internal BAPETEN seperti Direktorat Inspeksi Instalasi Bahan dan Nuklir (DI2IBN) dan Biro Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik.

imgkonten imgkonten

Dalam acara ini juga dilakukan sesi presentasi oleh narasumber seperti Direktur K2N Zulkarnain terkait Indonesia Centre of Excellence on Nuclear Security and Emergency Preparedness (I-CoNSEP), Program Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir di KSE Achmad Baiquni oleh Direktur Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) BRIN R. Mohammad Subekti, Skenario Gladi Lapang Penanggulangan Kedaruratan Nuklir di KSE Achmad Baiquni oleh Koordinator K3 KSE Achmad Baiquni Mahrus Salam, Penanggulangan Medis pada Kedaruratan Nuklir di RSUP Dr. Sardjito oleh KSM Radiologi RSUP Dr. Sardjito Hanif Afkari dan Potensi Gempa Bumi dan Tsunami Daerah Istimewa Yogyakarta serta Mitigasinya oleh Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta Setyoajie Prayoedhie.

Diharapkan kegiatan ini bisa mengoptimalkan persiapan kegiatan Uji Coba Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir Nasional di KSE Achmad Baiquni. [BHKK/Da]

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK