Banner BAPETEN
Pertemuan Persiapan Misi IRRS IAEA
Kembali 13 Februari 2019 | Berita BAPETEN
small_thumb_2019-02-13-150546.png

BAPETEN menyelenggarakan pertemuan dalam rangka mempersiapkan dokumen dan infrastruktur yang diperlukan untuk melakukan evaluasi terhadap tindakan yang perlu direncanakan dan/atau dilaksanakan oleh BAPETEN untuk memenuhi rekomendasi atau saran yang diperoleh dari kegiatan IAEA - Integrated Regulatory Review Service (IRRS) Mission pada tahun 2018. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Yus Rusdian Akhmad dan dihadiri oleh beberapa peserta dari Unit Kerja di lingkungan BAPETEN, Rabu (13/2/2019) pagi.

Dalam sambutannya Yus mengatakan bahwa bagi BAPETEN, hasil IRRS Mission ini sangat penting untuk mengukur kesiapan infrastruktur nasional pengawasan ketenaganukliran. Indonesia telah mendapat banyak manfaat dari misi peninjauan Badan Energi Atom Internasional. Misi IRRS IAEA berfungsi sebagai platform yang baik untuk memastikan penerimaan publik tenaga nuklir. Lebih lanjut Yus mengatakan bahwa tujuan Misi IRRS adalah untuk meninjau kerangka peraturan Indonesia untuk keselamatan nuklir dan radiasi. Tinjauan ini membandingkan kerangka kerja peraturan Indonesia untuk keselamatan nuklir, radiasi dan efektivitasnya terhadap standar keselamatan IAEA sebagai tolok ukur internasional untuk keselamatan. Selain itu, pertemuan ini akan menciptakan kesempatan bagi semua peserta untuk membiasakan diri dengan semua tindakan tindak lanjut yang direncanakan.

imgkonten

imgkonten

Acara yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari ini diawali dengan courtessy call oleh Tim IRRS yang di ketuai Carl Magnuss Larsson (ARPANSA, Australia)dengan beranggotakan 2 orang yang terdiri dari Petr Krs (State Office for Nuclear Safety, Cekoslovakia),dan Ibrahim Add Elrahim Shadad (IAEA). Delegasi tersebut diterima langsung Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto, didampingi Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Yus Rusdian Akhmad dan Direktur Pengaturan Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir Keselamatan Dahlia Cakrawati Sinaga.

imgkonten

Dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa pemaparan dan diskusi yang berisi kemajuan dari IRRS Mission, kebijakan peran dan tanggung jawab untuk menganalisis dan mengidentifikasi segala hal yang berhubungan dengan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia. (bho/rus/ip).

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK