Banner BAPETEN
Rapat Koodinasi Pembahasan Penyusunan Pedoman Pemeringkatan INES
Kembali 19 November 2018 | Berita BAPETEN
small_thumb_2018-11-19-110935.jpg

[BAPETEN-Bandung] Dalam rangka memberikan panduan kepada fasilitas/instalasi di dalam melakukan pemeringkatan INES dan pelaporan terhadap kejadian yang terjadi di fasilitas/intalasi, dilaksanakan rapat koordinasi penyusunan pedoman pemeringkatan INES pada hari Kamis, 15 November 2018 di Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta dari:, BPBD Prov Jabar, RS Hasan Sadikin, Detasemen Gegana Unit KBR Brimobda Jabar, Polrestabes Bandung, Kodam III Siliwangi, Dinas Pencegahan Penanggulanagan Kebakaran Kota (DPPK), Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Prov. Jabar, Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) BATAN dan BAPETEN. Kegiatan ini merupakan rangkain akhir dari penyusunan yang sebelumnya dilaksanakan di Serpong dan Yogyakkarta.

International Nuclear and Radiological Event Scale (INES) adalah skala pemeringkatan kejadian yang terkait dengan pemanfaatan tenaga nuklir. Metode pemeringkatan INES mirip dengan skala yang digunakan di bidang lain (seperti skala Richter dalam gempa bumi). Hal ini bertujuan agar skala suatu kejadian dapat dibuat konsisten antara satu negara dengan negara lainnya.

imgkonten

Tujuan pemeringkatan INES adalah agar kejadian yang memiliki dampak terhadap keselamatan dapat dikomunikasikan dengan cepat dan konsisten. Cakupan pemeringkatan INES meliputi praktik pemanfaatan tenaga nuklir yang luas, yaitu meliputi pemanfaatan di bidang industri, medis, fasilitas nuklir dan pengangkutan bahan nuklir/zat radioaktif. Kejadian yang tidak terkait dengan keselamatan radiasi atau keselamatan nuklir tidak diperingkat di dalam INES.

Dalam arahannya saat pembukaan Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (K2N) Dedik Eko Sumargo menyampaikan bahwa “Setiap kejadian, baik insiden maupun kecelakaan, yang terjadi di fasilitas nuklir/radiasi harus dilaporkan kepada BAPETEN. Terkait skala INES, BAPETEN akan melaporkan kepada IAEA apabila kejadian memiliki skala INES 2 atau di atasnya, atau jika kejadian mendapat perhatian masyarakat internasional”.

imgkonten

imgkonten

Rapat ini merupakan salah satu sarana pertukaran informasi sekaligus untuk mendapatkan umpan balik, dari fasilitas yang memanfaatkan tenaga nuklir dan instansi terkait lainnya di sekitar wilayah kota Bandung dan Prov Jawa Barat terhadap draft pedoman pemeringkatan INES yang telah disusun.

Rapat dan diskusi dipandu melalui presentasi Direktur K2N, Ka. Subdit Kesiapsiagaan Nuklir Toto Heryanto dan Staf SDKN yang secara garis besar memberikan panduan penentuan skala INES melalui 3 (tiga) parameter, yaitu: analisa terhadap dampak bagi masyarakat dan lingkungan, analisa terhadap kondisi penghalang radiologi dan kendali fasilitas dan analisa terhadap status defence in depth.

Pedoman ini nantinya diharapkan dapat memberikan panduan kepada Pemegang Izin di dalam melakukan pemeringkatan kejadian yang terjadi di fasilitas/intalasinya dengan meletakkan perspektif yang sesuai terhadap signifikansi dampak keselamatan dari kejadian.[MTA/DKKN].

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK