Banner BAPETEN
Rapat Koordinasi Pembahasan Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan Informasi Geospasial BAPETEN
Kembali
small_thumb_2023-08-21-100633.jpg

Dalam pengawasan ketenaganukliran, Informasi Geospasial (IG) merupakan bagian penting untuk mewujudkan sistem informasi yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung kegiatan perizinan, inspeksi dan evaluasi pengawasan ketenaganukliran serta kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi darurat nuklir. Untuk itu, Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN mengadakan “Rapat Koordinasi Pembahasan Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan IG BAPETEN”, dalam rangka menyusun Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan IG BAPETEN, menuju BAPETEN Go Geospasial. Acara dilaksanakan di Jakarta, pada tanggal 18 Agustus 2023.

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi BAPETEN Zainal Arifin, dalam sambutan pembukaanya menyampaikan ““Simpul jaringan IG BAPETEN yang sedang disusun ini, sangat penting bagi pengawasan pemanfaatan ketenaganukliran di Tanah Air. Penyusunan diawali dengan adanya Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan IG BAPETEN. Pembangunan simpul jaringan bukan merupakan proses yang instan, tetapi suatu proses panjang dalam kurun waktu tertentu yang harus dilalui setiap simpul jaringan. Dalam upaya BAPETEN mewujudkan hal tersebut,perlu didukung dalam kolaborasi, kerja sama dan sinkronisasi dengan K/L lain yang terkait, hal ini tentunya akan menjadi tantangan yang perlu dihadapi bersama.”

imgkonten

Sambutan dilanjutkan oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN Zulkarnain, yang menyampaikan “Informasi dan masukkan dalam menyusun Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan IG BAPETEN, tidak hanya diperoleh dari narasumber instansi luar BAPETEN, peran aktif dari unit kerja terkait di BAPETEN membantu simpul jaringan IG yang dibentuk menjadi gambaran utuh dari BAPETEN secara keseluruhan.”

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial BIG Rachman Rifai, dalam pemaparannya menjelaskan tentang penyelenggaraan simpul jaringan IG di BIG dan implementasi infrastruktur IG yang terdiri dari 5 elemen utama, diantaranya adalah kebijakan, pengaturan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi dan standar. Dan pemaparan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Muhari, yang memberikan pemaparan tentang penyelenggaraan simpul jaringan IG yang dilakukan BNPB.

Rapat koordinasi yang dihadiri peserta dari unit kerja terkait di BAPETEN ini, selain untuk mendapatkan informasi dan masukkan terkait simpul jaringan IG, juga dalam rangka berbagi pengalaman terhadap penerapan dan pelaksanaan yang sudah dilakukan di BIG dan BNPB, sehingga diharapkan akan memperkaya substansi Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Simpul Jaringan Informasi Geospasial BAPETEN yang sedang di susun. [DKKN/Wiwied Wahyu Utomo Pribadi/BHKK/SP]

imgkontenimgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK