Banner BAPETEN
Sosialisasi Peran, Tugas dan Mekanisme Kerja Agen Perubahan
Kembali 17 Februari 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-02-17-180809.jpg

Program Reformasi Birokrasi perlu dilakukan Agen Perubahan secara sungguh-sungguh salah satu dari delapan perubahan manajemen pemerintah yaitu perubahan mindset (pola pikir) dan perubahan culture set (budaya kerja) di lingkungan BAPETEN sejak tahun 2015, sesuai dengan Peraturan Kemenpan RB No.27 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan di Pemerintah.

Rabu (17/02), BAPETEN menyelenggarakan Sosialisasi Peran, Tugas dan Mekanisme Kerja Agen Perubahan yang dihadiri Kepala Biro Organisasi dan Umum Dedik Eko Sumargo beserta jajarannya dan segenap Agen Perubahan di lingkungan BAPETEN yang dilaksanakan secara daring. Acara dibuka oleh Sekretaris Utama Bapeten Sugeng Sumbarjo dalam sambutannya Sugeng Sumbarjo berharap melalui perwakilan agen perubahan harus betul-betul fokus memperlihatkan perubahan dalam area manajemen perubahan dengan membuat perencanaan, pelaksanaan dan pengukuran dampak dari pelaksanaan perubahan yang telah dilakukan pada setiap unit kerjanya. Diperlu diadakannya acara beuty contes bagi PIC Agen Perubahan BAPETEN tahun 2021 yang telah mampu melakukan perubahan terbaik di unit kerjanya, tuturnya.

imgkonten

imgkonten

Acara selanjutnya dipimpin oleh Edy Kunto Wibowo Kepala Kelompok Organisasi Tata Laksana yang menghadirkan narasumber Endang Purwaningsih Analis Kebijakan Madya dari Kementerian PAN RB menyampaikan materi Pembangunan Agen Perubahan. Endang Purwaningsih dalam presentasinya menuturkan akan pentingnya kelompok atau individu agen perubahan sebagai pelopor sekaligus contoh perubahan berprilaku yang mencerminkan intergritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan organisasinya. Agen perubahan mempunyai tugas penting sebagai katalis yang dapat meyakinkan akan pentingnya perubahan, sebagai penggerak perubahan, sebagai pemberi solusi dan sebagai mediator penghubung. Mekanisme kerja dari agen perubahan bertanggung jawab langsung pada pimpinan, menyusun rencana tindak individu serta melaksanakan rencana tindak.

imgkonten

imgkonten

Diskusi mengakhiri acara kegiatan sosialisasi agen perubahan yang dipimpin oleh Kunto dan selanjutnya ditutup oleh Dedik Eko Sumargo mengharapkan masukan dari narasumber akan menjadi pembelanjaran dan unpan balik untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi di lingkangan BAPETEN, ucapnya.[IS/BHKK]

imgkonten


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK