Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Pesawat Sinar-X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) di Kota Batam dan Izin Kedokteran Nuklir di RSUP Dr. M. Djamil Padang
Kembali 15 November 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-11-20-095332.jpeg

Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif (DPFRZR) BAPETEN melakukan kegiatan Verifikasi Izin Pesawat Sinar-X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kota Batam dan Izin Operasi Fasilitas Kedokteran Nuklir di RSUP Dr. M. Djamil Kota Padang secara paralel pada 13-15 November 2023.

Kegiatan Inspeksi verifikasi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak dan Fasilitas Kedokteran Nuklir ini bertujuan untuk memastikan bahwa perhitungan desain bangunan gedung penahan radiasi, peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan.

imgkontenimgkonten

Tim Inspeksi yang diketuai Direktur DPFRZR Ishak dengan anggota Herry Irawan, Ahmad Maulana dan Maradi Abdillah melakukan verifikasi terhadap permohonan izin Radiologi Diagnostik dan Intervensional Pesawat Sinar-X pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) milik RS Badan Pengusahaan Batam dan Klinik Medilab.

Sedangkan tim inspeksi yang diketuai oleh Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Fasilitas Kesehatan Iin Indartati dengan anggota Made Pramayuni, Sulistiyoningsih dan Dwi Angestiningsih melakukan verifikasi terhadap permohonan izin operasi kedokteran nuklir diagnostik in vivo dan kedokteran nuklir terapi di Instalasi Kedokteran Nuklir RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan modalitas pesawat SPECT CT merk Siemens Symbia Intevo Excel dengan penggunaan radionuklida Tc-99 serta terapi kecil diberikan untuk penggunaan radionuklida I-131.

imgkontenimgkonten

Lingkup pemeriksaan secara onsite meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada unit mobile station dan fasilitas Kedokteran Nuklir, memastikan unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, melakukan pengukuran paparan radiasi, memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat sinar X dan SPEC CT sesuai standar, serta pemeriksaan peralatan proteksi dan keamanan sumber radioaktif.

imgkontenimgkonten

Dari hasil verifikasi tersebut, pihak Rumah Sakit berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

imgkontenimgkonten

RS BP Batam dan Klinik Medilab Batam berharap dengan terbitnya izin pesawat sinar X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) dapat memberikan layanan Kesehatan menyeluruh, terpadu dan akurat. Khususnya MCU (Medical Check-Up) Mobile yang ditujukan untuk pemeriksaan kesehatan karyawan di sebuah perusahaan. Dengan beroperasinya Fasilitas Kedokteran Nuklir di RSUP Dr. M. Djamil dapat mengurangi antrian panjang pasien kanker dan memenuhi permintaan yang meningkat akan layanan medis yang handal bagi masyarakat.

imgkonten

[DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/RP]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK