Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Pesawat Sinar-X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) di RS Pertamina Balongan Kabupaten Indramayu dan Izin Kedokteran Nuklir di Tzu Chi Hospital Jakarta
Kembali 16 Desember 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-12-18-105258.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif (DPFRZR) melakukan kegiatan Verifikasi Izin Pesawat Sinar-X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak di RS Pertamina Balongan Kabupaten Indramayu dan Izin Operasi Fasilitas Kedokteran Nuklir di Tzu Chi Hospital Jakarta secara bersamaan pada tanggal 14-16 Desember 2023. Kegiatan Inspeksi verifikasi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak dan Fasilitas Kedokteran Nuklir bertujuan memastikan bahwa perhitungan desain bangunan gedung penahan radiasi, peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan.

Tim Inspeksi yang diketuai Direktur DPFRZR BAPETEN, Ishak selaku Ketua Tim Inspektur dengan anggota Ahmad Maulana, Toni Wahyu Pamungkas, Daniel Himawan dan Naufal Alif Syarifuddin melakukan verifikasi terhadap permohonan izin Radiologi Diagnostik dan/atau Intervensional Pesawat Sinar-X pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) milik RS Pertamina Balongan Kabupatan Indramayu. Sedangkan tim inspeksi oleh Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN, Iin Indartati selaku Ketua Tim Inspektur dengan anggota Sulistiyoningsih, Yaya Umaya, Dewi Lelyana Maharani dan Lilis Misnawati melakukan verifikasi terhadap permohonan izin operasi kedokteran nuklir diagnostik in vivo di Klinik Kedokteran Nuklir & Teranostik Molekuler Tzu Chi Hospital dengan modalitas pesawat SPECT CT Imaging System merk GE NM/CT 870DR dengan pengunaan radionuklida Tc-99m dan I-131.

Lingkup pemeriksaan secara onsite meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada unit mobile station dan fasilitas Kedokteran Nuklir, memastikan unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, melakukan pengukuran paparan radiasi, memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat sinar X dan SPEC CT sesuai standar, serta pemeriksaan peralatan proteksi dan keamanan sumber radioaktif.

Dari hasil verifikasi pihak Rumah Sakit berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

RS Pertamina Balongan berharap dengan terbitnya izin pesawat sinar X dalam Fasilitas Pelayanan Kesehatan Bergerak (Mobile Station) di wilayah Kabupaten Indramayu dapat memberikan layanan kesehatan khususnya MCU (Medical Check-Up) secara onsite sehingga bisa menjangkau pasien yang berlokasi diluar lingkungan RS.

Dengan akan beroperasi Fasilitas Kedokteran Nuklir sebagai layanan unggulan sejalan saat peresmian di bulan Juni 2023 oleh Presiden Jokowi berharap, Tzu Chi Hospital bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam mendapatkan perawatan medis dengan sarana dan prasarana peralatan rumah sakit yang canggih, sehingga tidak perlu ke luar negeri cukup ke Tzu Chi Hospital. [DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/OR]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK