Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Radioterapi di RS Lavalette, Kota Malang, dan RSUD Dr. Djamil, Kota Padang
Kembali 29 Januari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-01-29-115512.jpg

Inspeksi verifikasi Izin sebagai syarat terbitnya izin untuk menjamin bahwa fasilitas yang sedang mengajukan izin telah dilengkapi dengan peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif BAPETEN melakukan Verifikasi Izin Operasi Radioterapi dan persetujuan hasil modifikasi desain menggunakan Brakhiterapi secara paralel, di RS Lavalette, Kota Malang dan RSUD Dr. Djamil, Kota Padang, pada tanggal 23 – 26 Januari 2024.

imgkontenimgkonten

Tim Inspeksi yang diketuai Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif-BAPETEN Ishak, beranggotakan Pengawas Radiasi BAPETEN Ahmad Maulana, Dwi Angestiningsih dan Toni Wahyu Pamungkas, yang melakukan verifikasi di RS Lavalette, Kota Malang, untuk modalitas pesawat Brakhiterapi Elekta Flexitron HDR sumber Co-60.

Sedangkan Tim Inspeksi Verifikasi Izin di RSUD Dr. Djamil, Kota Padang, diketuai oleh Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN Iin Indartati dengan anggota Pengawas Radiasi BAPETEN Yaya Umaya, Sulistyoningsih dan Naufal Alif Syarifuddin, melakukan verifikasi untuk modalitas pesawat Brakhiterapi Elekta Flexitron HDR sumber Ir-192.

imgkontenimgkonten

Lingkup pemeriksaan secara onsite, meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada bunker brakhiterapi, memastikan unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, melakukan pengukuran paparan radiasi dan pengujian dosimetri serta memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat Brakiterapi sesuai standar, serta pemeriksaan peralatan proteksi dan keamanan sumber radioaktif serta unjuk kerja sistem keamanan sumber radioaktif.

Dari hasil verifikasi izin operasi radioterapi untuk brakhiterapi, pihak Rumah Sakit berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

imgkontenimgkonten

Dalam kegiatan verifikasi Izin di RS Lavalette, pihak RS dipimpin langsung oleh Direktur RS, dr Mariani Indahri, MMRS menyambut baik Tim Verifikasi BAPETEN. Harapannya penambahan pesawat brakhiterapi dengan sumber radioaktif Co-60 akan meningkatkan layanan unggulan di Cancer Center, sehingga RS Lavalette dapat membantu masyarakat Malang Raya dan sekitarnya, dalam memenuhi fasilitas pengobatan penting untuk penyakit kanker.

RSUD Dr. Djamil Padang mengadakan penambahan pesawat brakhiterapi, dengan sumber Ir-192 melalui Persetujuan Modifikasi Desain dapat memenuhi dan akan segera diajukan permohonan izin operasi radioterapi hingga terbit izinnya, sehingga dapat mengurangi antrean panjang pasien kanker dan memenuhi permintaan yang meningkat akan layanan medis yang handal bagi masyarakat.[DPFRZR/Dwiang/BHKK/SP]

imgkontenimgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK