Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Radioterapi di RS Tk. III 03.06.01 Ciremai dan Santosa Hospital Bandung Kopo
Kembali 20 Mei 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-05-24-190527.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif melakukan kegiatan Verifikasi Izin Operasi Radioterapi secara lapangan (onsite) di RS Tk. III 03.06.01 Ciremai Kota Cirebon dan Santosa Hospital Kopo Kota Bandung yang dilaksanakan secara paralel pada tanggal 17 – 20 Mei 2022.

Verifikasi sebagai syarat terbit izin bertujuan untuk memastikan fasilitas, pesawat radioterapi, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan.

imgkonten imgkonten

Tim Inspeksi yang diketuai Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif-BAPETEN Ishak bertindak selaku Ketua Tim Inspektur dengan anggota Herry Irawan (Inspektur Muda), Ahmad Maulana (Inspektur Muda), dan Naufal Alif Syarifuddin (Inspektur Pembantu) melakukan verifikasi Pesawat Linac Varian True Beam di RS Tk. III 03.06.01 Ciremai.

Sedangkan Tim Inspeksi yang diketuai Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN Iin Indartati bertindak selaku Ketua Tim Inspektur melakukan verifikasi Pesawat Linac Varian Halcyon di Santosa Hospital Bandung Kopo, dengan anggota Maradi Abdillah (Inspektur Magang), Yaya Umaya (Inspektur Magang) dan Lilis Misnawati (Inspektur Pembantu)

imgkonten

Kedua Tim inspeksi BAPETEN diterima dengan baik oleh pihak rumah sakit beserta jajarannya. Sambutan dan pendampingan selama kegiatan verifikasi lapangan dilakukan oleh Mayor Ckm dr. Muchlas Fahmi, Sp.OG selaku Kepala RS Tk. III 03.06.01 Ciremai, serta dr. H. Rachim Dinata Marsidi, SpB., Finac., M.Kes selaku Direktur Santosa Hospital Bandung Kopo, dimana pelaksanaan verifikaasi lapangan dilaksanakan dengan protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Lingkup pemeriksaan secara onsite meliputi kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada bunker radioterapi, memastikan unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, melakukan pengukuran paparanradiasi dan pengujian dosimetri serta memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat Linac sesuai standar.

imgkonten imgkonten

Dari hasil verifikasi izin operasi radioterapi, pihak Rumah Sakit berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu.

Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir. Adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

imgkonten

Pihak Rumah Sakit berharap adanya radioterapi membantu pemerintah dalam pemerataan pelayanan kesehatan kepada pasien kanker di wilayah kota Cirebon dan sekitarnya sehingga pasien kanker tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota besar untuk mendapatkan layanan radioterapi dengan waktu tunggu yang cukup panjang.

Sementara bagi Santosa Hospital Bandung Kopo, dengan adanya layanan radioterapi akan meningkatkan statusnya sebagai rumah sakit swasta unggulan serta pilihan terbaik di kota Bandung dan sekitarnya. [DPFRZR/Dwiang/BHKK/Bams]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2022-02-16-162808.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK