Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Radioterapi Linac di RS Indriati Solo dan Brakhiterapi di RS Grandmed Lubuk Pakam
Kembali 16 Februari 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-02-16-100600.jpg

BAPETEN melakukan verifikasi permohonan izin Operasi Radioterapi secara lapangan (onsite) di RS Indriati Solo, Provinsi Jawa Tengah dan RS Grandmed Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara, setelah melalui rangkaian kegiatan verifikasi online terhadap pemeriksaan persyaratan administrasi.

Verifikasi dilakukan secara paralel, Tim Inspeksi yang diketuai Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif-BAPETEN Ishak melakukan verifikasi Pesawat Linac Varian Halcyon Versi 2.0 di RS Indriati Solo. Sedangkan Tim Inspeksi yang diketuai Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN Mukhlisin melakukan verifikasi Pesawat Brakhiterapi Saginova HDR Afterloading Bebig dengan sumber radioaktif Co-60 di RS Grandmed Lubuk Pakam.

imgkonten

Cek kelengkapan dokumen teknis di ruang radioterapi.

imgkonten

Persiapan uji dosimeter absolut dan relatif.

Kegiatan verifikasi merupakan syarat terbitnya izin untuk menjamin bahwa peralatan, fasilitas, SDM, SOP, telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan keamanan sumber radiasi sekaligus menjamin perlindungan terhadap pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan. Dilakukan pada tanggal 8-11 Februari 2021, dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan secara ketat.

Lingkup pemeriksaan tim inspeksi di lapangan terdiri dari pemeriksaan teknis seperti denah desain, peralatan proteksi, keamanan sumber radioaktif, pengukuran paparan radiasi gamma dan neutron, uji sistem mekanik, uji sistem keselamatan, uji komisioning, pengukuran sistem dosimetri, dan simulasi unjuk kerja.

Hasil verifikasi persyaratan izin radioterapi di RS Grandmed Lubuk Pakam dan RS Indriati Solo, belum dapat memenuhi sebagai syarat terbitnya izin. Adapun yang harus diperbaiki dan dipenuhi pemohon izin dalam batas waktu tertentu antara lain pemenuhan syarat personil, peralatan penunjang simulator, prosedur, dokumen teknis dan rekaman. [DPFRZR/Dwiang/BHKK/SP].

imgkonten

Cek kesesuaian tinggi pada water phantom.

imgkonten

Cek paparan sumber Co-60 pada pesawat Brakhiterapai Saginova Bebig.

imgkonten

Foto bersama Tim Inspeksi BAPETEN dengan Tim RS Indriati Solo.

imgkonten

Foto bersama Tim Inspeksi BAPETEN dengan Tim RS Grandmed di depan pesawat Brakhiterapi Saginova Bebig.




Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK