Banner BAPETEN
Webinar Tata Laksana Proteksi Radiasi Dalam Pelayanan Radiologi Diagnostik Dan Intervensional Selama Pandemi Covid-19
Kembali 03 Mei 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-05-03-110214.png

BAPETEN mengadakan webinar berkaitan dengan tata laksana proteksi radiasi dalam pelayanan Radiologi Diagnostik dan Intervensional selama Pandemi Covid-19 (khususnya dalam pemeriksaan pasien Covid-19). Pembicara webinar kali ini, dari Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI), Asosiasi Proteksi Radiasi Indonesia (APRI) dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan Universitas Indonesia. Acara dilaksanakan secara daring pada hari Senin, 3 Mei 2021.

Acara dibuka oleh Deputi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN Ir. Zainal Arifin, MT., dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ”radiologi diagnostik ini sebagai salah satu cara dalam mendeteksi di bidang kesehatan. Dalam bidang medik, asosiasi profesi tentu sangat penting dalam proteksi keselamatan radiasi dalam penggunaan radiologi diagnostik. Kolaborasi ini, sudah dilakukan sejak awal pandemi. Langkah-langkah yang dilakukan ini demi keselamatan semua, dalam konteks adanya pandemi yang sama-sama belum pernah kita hadapi ini.”

imgkontenimgkonten

“Dalam era keterbatasan dan belum banyak paham, tentu banyak juga tenaga kesehatan yang terpapar, sehingga acara ini tentu sangat berguna dalam membangun dan membantu tetap meningkatkan keselamatan bagi masyarakat, pekerja dan lingkungan dalam penggunaan radiasi di era covid 19. Terima kasih kepada semua pihak atas kerja sama yang telah kita lakukan sejak tahun lalu, tentu setelah 1 tahun ada pengalaman baru dalam era covid-19 ini. Kita dapat melihat pengaruh dalam penggunaan Radiologi Diagnostik dan Interkonvensional yang tentu semuanya belum pada kondisi era baru ini, sehingga kita perlu melakukan inovasi inovasi” Tambahnya.

Acara dilanjutkan presentasi Deputi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN tetang “Kebijakan Pengawasan BAPETEN Pada Masa New Normal” antara lain menyampaikan strategi pengawasan dan inspeksi era Covid 19. Agar tetap mampu menekan resiko dan menjamin keselamatan bagi masyarakat, pekerja dan lingkungan.

imgkontenimgkonten

Acara selanjutnya presentasi tentang “Tata Laksana dan Alur Layanan Radiologi Diagnostik dan Intervensional di Era Covid-19” oleh Ketua PARI Dr. H. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc., presentasi tentang “Proteksi dan Keselamatan Radiasi pada Operasional Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional” Oleh Ketua APRI Dr. Syahrir, M. Eng., dan presentasi tentang “Implementasi Proteksi dan Keselamatan Radiasi di Fasilitas Radiologi Diagnostik & Intervensional (khususnya penanganan pasien Covid-19) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo” oleh Kepala Instalasi Pelayanan Radiologi dan Kedokteran Nuklir & Ketua Departemen Radiologi RSCM - FKUI dr. Benny Zulkarnaien, Sp. Rad (K).

Sesi akhir diskusi dan tanya-jawab. Acara yang dimoderatori oleh Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Ishak M.Si., ini, diikuti peserta dari BAPETEN, Klinik, Rumah Sakit, Laboraorium Klinik, Importir, Lembaga Uji Kesesuaian, Organisasi terkait keselamatan radaisi, BATAN, Puskesmas dan akademisi. [BHKK/SP].

imgkontenimgkonten

File dapat diunduh:

1. Kebijakan Pengawasan BAPETEN Pada Masa New Normal.

2. Tata Laksana dan Alur Layanan Radiologi Diagnostik dan Intervensional di Era Covid-19.

3. Proteksi dan Keselamatan Radiasi pada Operasional Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional.

4. Pengenalan APRI.

5. Implementasi Proteksi dan Keselamatan Radiasi di Fasilitas Radiologi Diagnostik & Intervensional (khususnya penanganan pasien Covid-19) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

6.


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK