Banner BAPETEN
Audiensi MIND.ID dalam Pengusahaan Sektor Ketenaganukliran: Pertambangan Bahan Galian Nuklir dan PLTN
Kembali 06 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-12-150300.jpg

BAPETEN menerima kunjungan delegasi dari PT Mineral Industri Indonesia MIND.ID dalam rangka konsultasi untuk kegiatan usaha di sektor ketenaganukliran pada Selasa 6 Februari 2024. Audiensi ini terkait dengan rencana dari MIND.ID untuk melakukan kegiatan usaha pada sub sektor pertambangan bahan galian nuklir dan pembangunan PLTN yang dapat menyediakan pasokan energi bersih bebas karbon di lingkungan MIND.ID.

Delegasi MIND.ID dipimpin oleh Aditya Farhan Arif dari Department Head of Corporate Planning yang didampingi oleh personil MIND.ID dari bagian Regulasi dan bagian Manajemen Energi. Sementara dari BAPETEN hadir Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir Haendra Subekti, Plt. Direktur Pengawasan Peraturan Instalasi dan Bahan Nuklir Bambang Eko Aryadi dan jajarannya.

imgkonten

Audiensi dibuka dengan sambutan dari MIND.ID, Aditya Farhan Arif yang mengatakan “MIND.ID merupakan perusahaan BUMN induk yang memiliki beberapa anak perusahaan di bidang pertambangan”. Aditya juga menyampaikan maksud dari kedatangan MIND.ID yaitu untuk menjajaki pengusahaan di Sektor Ketenaganukliran yang mencakup Pertambangan Bahan Galian Nuklir (Mineral Radioaktif dan Mineral Ikutan Radioaktif dan Pembangunan PLTN.

imgkonten

Deputi PKN, Haendra Subekti, dalam sambutannya menguraikan pentingnya implementasi 3S (Safety, Security dan Safeguards) atau Keselamanatan, Keamanan, dan Garda-aman secara seimbang. Plt Direktur DP2IBN menguraikan peraturan, alur proses, dan persyaratan perizinan berusaha untuk sektor ketenaganukliran melalui OSS dengan menggunakan PB KBLI dan PB UMKU pertambangan BGN dan pembangunan PLTN dan peraturan yang terkait untuk keselamatan, keamanan dan garda-aman baik untuk pertambangan mineral radioaktif, pengolahan mineral ikutan radioaktif, dan PLTN.

MIND.ID menginformasikan adanya kebutuhan listrik yang cukup besar bagi kawasan industri yang dimiliki dan beberapa area tambang dari anak perusahaan-perusahaan MIND.ID. Dalam mewujudkan pertambangan yang bebas karbon, mereka membutuhkan pasokan energi yang bebas emisi karbon, reliable, dan sustainable. MIND.ID melihat potensi PLTN untuk dapat memenuhi kebutuhan energi tersebut yang bebas dari karbon.

imgkonten

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membahas peraturan perundang-undangan yang terkait dengan persyaratan dan alur perizinan untuk kegiatan usaha pertambangan mineral radioaktif, pengolahan mineral ikutan radioaktif, dan pembangunan dan pengoperasian PLTN. [DP2IBN/Zakki/BHKK/OR]

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK