Banner BAPETEN
BAPETEN Menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Vital dan Arsip Terjaga Sebagai Langkah Awal Pengamanan dan Penyelamatan Arsip Negara
Kembali 30 Mei 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-05-30-151213.png

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melalui Bagian Protokol dan Tata Usaha - Biro Organisasi dan Umum (BOU) menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Vital dan Arsip Terjaga di Lingkungan BAPETEN pada Senin, 30 Mei 2022. Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009, Pasal 33 yaitu arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga negara dan kegiatan yang menggunakan sumber dana negara dinyatakan sebagai arsip milik negara. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 70 orang peserta, yaitu Pimpinan Tinggi Pratama, PIC Kearsipan masing-masing Unit Kerja, serta Manajemen, Arsiparis, dan Pengelola Arsip pada Bagian Protokol dan Tata Usaha.

imgkonten

Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Organisasi dan Umum (BOU), Dedik Eko Sumargo. Dedik menyampaikan bahwa sosialisasi pengelolaan arsip vital dan arsip terjaga bertujuan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi arsiparis, serta tugas kelembagaan BAPETEN. Sosialisasi ini juga menjadi kegiatan yang sangat penting dalam rangka melestarikan memori kolektif bangsa yang diawali dengan mengidentifikasi keberadaan arsip vital dan arsip terjaga di Lingkungan BAPETEN sehingga dapat dilakukan penanganan khusus. BAPETEN saat ini sedang menyusun draft rancangan peraturan badan mengenai Penyelenggaraan Kearsipan dimana di dalamnya termasuk pengelolaan arsip vital dan arsip terjaga. Sosialisasi sekaligus pembinaan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendasar sebagai bahan masukan dalam penyusunan peraturan penyelenggaraan kearsipan.