Banner BAPETEN
Kunjungan BAPETEN Ke Universitas Brawijaya Dalam Rangka Joint Reviu Dokumen Aspek Analisis Keselamatan INNR
Kembali 19 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-21-105712.jpg

Dalam rangka memperluas jejaring kerja untuk koordinasi dan kolaborasi dengan kalangan akademisi, untuk terlibat dalam evaluasi dokumen perizinan instalasi nuklir non reaktor (INNR) dan verifikasi lapangan dalam menghadapi tantangan evaluasi perizinan INNR di Indonesia, Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir (DPIBN) BAPETEN melakukan kunjungan kerja ke Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (DTI FT UB), pada hari Senin, 19 Februari 2024.

Acara diawali sambutan oleh Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Instalasi Nuklir Non-Reaktor BAPETEN Widia Lastana Istanto, yang dalam sambutannya menyampaikan “Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta memetakan kompetensi kepakaran terkait analisis keselamatan industrial di instalasi nuklir yang dikemas dalam bentuk joint reviu. Secara umum, kegiatan joint reviu dalam evaluasi perizinan instalasi nuklir, BAPETEN akan melibatkan External Technical Support Organization dari kalangan akademisi, praktisi dari industri, maupun instansi penelitian lainnya. Joint Reviu ini sangat diperlukan untuk mendukung peran BAPETEN sebagai regulator, untuk meningkatkan kapasitas evaluator, serta diharapkan dapat menjaga independensi BAPETEN yang kemudian akan meningkatkan efektivitas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir, dalam proses penerbitan izin instalasi nuklir.”

Sambutan dilanjutkan oleh Ketua DTI Sugiono, yang dalam sambutannya menyampaikan “DTI FT UB memiliki pengalaman dalam melakukan analisis keselamatan industrial dengan bekerjasama dengan industri minyak dan gas. Kerja sama yang terbangun dengan baik ini diharapkan dapat terus berlanjut dan diperluas untuk kegiatan yang lain.”

imgkonten

Acara dilanjutkan pemaparan tentang "Proses Perizinan Instalasi Nuklir Serta Peran External Task Safety Observation (TSO) Dalam Mendukung Efektivitas Proses Evaluasi Perizinan Instalasi Nuklir Non Reaktor” oleh Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Instalasi Nuklir Non-Reaktor BAPETEN dan pemaparan tentang “Analisis Bahaya Dan Resiko Pada Industri, Serta Aplikasinya Yang Mungkin Dapat Diterapkan Pada Instalasi Nuklir” oleh Kepala. Lab Ergonomi, Perancangan Kerja dan Inovasi Produk Rio Prasetyo Lukodono.

Kunjungan lapangan ini dipimpin oleh Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Instalasi Nuklir Non Reaktor BAPETEN Widia Lastana Istanto yang didampingi oleh evaluator instalasi dan bahan nuklir. Kunjungan Tim BAPETEN diterima langsung oleh Ketua DTI Sugiono, Sekretaris DTI Oke Oktavianty, Ketua Program Studi S2 Ishardita Pambudi Tama, Kepala. Lab. Ilmu Keteknikan Dasar Dwi Hadi Sulistyarini, Kepala. Lab. Analisis Data dan Rekayasa Kualitas Wifqi Azlia, Kepala. Lab. Optimasi, Sistem Informasi dan Pendukung Keputusan Angga Akbar Fanani, Kepala. Lab. Sistem Manufaktur Ramping dan Keberlanjutan Zefry Darmawan, Kepala. Lab Ergonomi, Perancangan Kerja dan Inovasi Produk Rio Prasetyo Lukodono, dan Kepala Urusan Administrasi DTI Anggi Anggraeni, serta staf DTI UB lainnya.

Acara ditutup dengan diskusi dan tanya jawab mengenai berbagai topik di bidang analisis dan manajemen resiko di instalasi nuklir. Dari kunjungan ini, diperoleh informasi bahwa DTI FT UB mempunyai kepakaran dan pengalaman untuk mendukung BAPETEN dalam aspek analisis bahaya industrial, diantaranya adalah risk management dalam instalasi nuklir. [DPIBN/Yepi/Siwhan/BHKK/SP]

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK