Banner BAPETEN
Pelatihan Proteksi dan Keselamatan Radiasi untuk pegawai BAPETEN
Kembali 17 Mei 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-05-17-150551.jfif

Guna memberikan pemahaman mengenai radiasi dan dasar-dasar proteksi dan keselamatan radiasi dalam menunjang pegawai menjalankan tugas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir, Balai Pendidikan dan Pelatihan (BDL) BAPETEN menggelar Pelatihan Proteksi dan Keselamatan Radiasi yang diikuti oleh 27 orang pegawai BAPETEN pada tanggal 17 s.d 23 Mei 2022.

Pelatihan yang dibuka pagi ini, Selasa (17/5) oleh Kepala BDL BAPETEN Ahmad Ciptadi Syuryavin ditujukan bagi pegawai baru BAPETEN dalam rangka memberikan pemahaman mengenai radiasi dan dasar-dasar proteksi dan keselamatan radiasi dalam menunjang pelaksanaan tugas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir.

imgkonten imgkonten

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Ummul Khair selaku Sub Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Pelatihan BAPETEN. Dalam laporannya Ummul menyampaikan bahwa Pelatihan Proteksi dan Keselamatan Radiasi ini diikuti oleh 27 orang peserta pegawai baru BAPETEN Angkatan 2020.

Lebih lanjut Ummul menjelaskan bahwa pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh pegawai BAPETEN karena merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki dan diketahui oleh peserta yang bekerja sebagai pegawai di BAPETEN.

Sementara itu, Kepala BDL BAPETEN Ciptadi dalam sambutannya mengatakan bahwa training ini adalah training pertama yang dilakukan sepenuhnya secara offline, namun demikian kita tetap harus menjaga protokol kesehatan.

imgkonten imgkonten

Disampaikan oleh Ciptadi bahwa pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan dasar wajib yang harus diikuti oleh pegawai BAPETEN khususnya bagi pegawai baru. “Karena seluruh pegawai baru harus mengetahui walaupun bekerja di bidang non teknis di bagian keuangan misalnya, sehingga kita harus memahami BAPETEN itu instansi apa dan betugas untuk apa” Ujarnya.

“Pelatihan ini merupakan pelatihan utama yang paling penting bagi seorang pegawai di badan pengawas tenaga nuklir, bukan saja di Indonesia tetapi juga di negara lain pada sebuah badan pengawas dan harus menjadi kompetensi dasar bagi seluruh pegawai tersebut” tambahnya

Ciptadi berharap dari pelatihan ini peserta dapat mengetahui banyak hal terkait kebijakan umum dan tugas BAPETEN dan secara umum terutama terkait pengawasan ketenaganukliran, proteksi radiasi serta apa-apa yang harus diketahui dan diinformasikan kepada masyarakat.

imgkonten imgkonten

“Dengan selesainya pelatihan ini diharapkan temen-teman bisa berkominasi dengan baik kepada masyarakat terkait tugasnya” pungkasnya lebih lanjut.

Sesi pertama diisi dengan materi Kebijakan Pengawasan Ketenaganukliran oleh Kepala BDL Ahmad Ciptadi Syuryavin. Pada sesi berikutnya akan diisi dengan beberapa materi antara lain: IAEA General Safety Requirement Part 3, Dasar Fisika Radiasi, Efek Biologi Radiasi, Dasar Proteksi Radiasi, Proteksi dan Keselamatan Radiasi pada Instalasi Nuklir dan beberapa materi lainnya. (BHKK/Bams)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2020-12-03-221250.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2022-02-16-162808.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK