Banner BAPETEN
Workshop Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2020
Kembali 08 Juli 2020 | Berita BAPETEN
small_thumb_2020-07-08-154352.jpg

BAPETEN melalui Inspektorat, menggelar Workshop Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPIP Tahun 2020 pada Rabu (08/07) secara virtual melalui aplikasi zoom. Workshop dihadiri oleh perwakilan masing-masing unit kerja di BAPETEN.

Workshop diawali dengan laporan kegiatan dari Kepala Inspektorat Hery Budi Santoso. Dalam laporannya, ia mengatakan bahwa workshop ini dilaksanakan sebagai penyegaran tim satgas SPIP dan dalam rangka perbaikan atau update profil risiko serta rencana tindak pengendaliannya di lingkungan BAPETEN sesuai dengan perkembangan dan kondisi terkini, baik internal maupun eksternal organisasi BAPETEN. Kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh unit kerja Inspektorat ini dihadiri oleh sekitar 40 orang peserta. Hery juga berharap agar workshop ini dapat berjalan secara interaktif dan menghasilkan output dan outcome yang bermanfaat bagi BAPETEN.

imgkonten

Hendriyanto Hadi Tjahyono selaku Sekretaris Utama (Sestama) BAPETEN turut hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka workshop ini secara resmi. Dalam sambutannya, Sestama mengatakan bahwa melalui workshop ini, kita dapat mengetahui pengendalian yang harus dilakukan dan bagaimana risiko-risiko yang dapat terjadi di tengah pandemi Covid-19. Ia juga berharap dengan satgas SPIP yang semakin kuat, sistem pengendalian di BAPETEN akan semakin baik sehingga dapat melakukan tugas dan fungsi dengan lancar.

imgkonten

Workshop dilajutkan sambutan Deny Sundara selaku Kepala Subdit Pengawasan Bidang Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi BPKP. Deny mengatakan bahwa BPKP selalu berusaha mendorong penyelenggaraan SPIP di seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah.

imgkonten

Presentasi oleh BPKP dibagi menjadi 4 sesi. Presentasi pertama oleh Deny Sundara terkait penjelasan unsur-unsur SPIP. Presentasi kedua oleh Heru Mutiyono terkait penilaian risiko. Presentasi selanjutnya oleh Akhmad Zacky Indrawan terkait penyusunan RTP. Dan presentasi terakhir oleh Andhika Novianto terkait manajemen risiko. Antusiasme peserta yang tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama presentasi berlangsung.

imgkonten imgkonten

SPIP adalah sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan. Dengan SPIP diharapkan dapat menciptakan budaya pengawasan terhadap kegiatan di K/L maupun Pemerintah Daerah, sehingga dapat mendeteksi sejak awal tindakan yang berisiko menghambat atau menggagalkan pencapaian tujuan organisasi. [BHKK/IP]

imgkonten

imgkonten



Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2023-03-15-153306.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK